Pertengahan 2015 yang lalu, saya diberi kesempatan untuk icip-icip kamera aksi (action cam) Xiaomi Yi. Sebuah kamera aksi yang oleh sebagian orang disebut-sebut hadir sebagai penantang GoPro yang telah hadir lebih dulu. Kala itu belum dirilis Xiaomi Yi versi internasional yang berwarna hitam, pilihannya hanya ada putih dan hijau. Saya memilih warna hijau cerah yang warnanya lumayan childish jika sekilas dilihat, dikira mainan kamera plastik anak-anak.

Untuk spesifikasi silakan googling sendiri sudah banyak yang membahas. Saya di sini hanya ingin sedikit berbagi pengalaman selama memakainya saja. Untuk harga yang dibilang terjangkau, Xiaomi Yi cukup memikat dengan hasil gambar dan video yang dihadirkan. Ditambah lagi dengan berbagai dukungan aksesori yang bisa ditambahkan sesuai kebutuhan seperti waterproof untuk fotografi di dalam air, monopod bawaan pada edisi travel, holder untuk dipasang di sepeda, UV filter, berbagai macam mounting dan dukungan komunitas yang lumayan gede untuk berbagi ilmu dan informasi semakin membuat kamera aksi satu ini makin populer di kalangan anak muda pada khususnya.

Xiaomi Yi

iseng gabungin monopod dengan holder sepeda 😀

Sedikit tertarik dengan beberapa aksesorinya, saya mencoba membeli beberapa sekadar mengobati penasaran. Waterproof OEM IPX60 yang lumayan lah untuk sekadar nyemplung kolam, UV filter murah yang alhamdulillah tidak vignette, head strap buat dipasang di kepala, holder buat di sepeda, dll. Cukup! segitu saja cukup, tidak perlu terlalu banyak maunya. Takutnya terlalu banyak aksesori berbanding terbalik dengan jumlah foto / video yang dihasilkan. Aku pun begitu. Haha! Kamera satu ini lebih banyak nganggur di kotak penyimpanan daripada dipakai untuk foto-foto, apalagi sekadar foto selfie.

Beberapa waktu setelah mempunyai kamera ini, saya nyemplung ke komunitas Xiaomi Yi Indonesia yang jadi ngerti beberapa trik dan tips seperti memakai script agar bisa bikin foto ala-ala long-expossure, mempertajam hasil gambar, video 2k, dll.

Jadi, beberapa penilaian saya tentang kamera aksi Xiaomi Yi ini adalah sebagai berikut:

Kelebihan Xiaomi Yi

  • Harga terjangkau
  • Hasil gambar cukup mengesankan, bolehlah diadu dengan GoPro Hero 3.
  • Dukungan aksesori yang beragam
  • Dukungan firmware dan aplikasi yang terus diperbarui
  • Dukungan komunitas yang besar
  • Dapat diotak-atik sesuai kebutuhan dengan script
  • dll

Kekurangan Xiaomi Yi

  • Untuk sebagian versi Xiaomi Yi, membutuhkan refokus lensa karena terlihat kurang fokus
  • Untuk pengambilan gambar pada kondisi kurang cahaya, kadang masih terlalu noise tetapi untuk pengambilan video lumayan sip. Namun semua itu bisa diakalin dengan mengatur ISO secara manual lewat script.
  • Apalagi ya? Nanti ditambahkan lagi jika ada dan ingat.
Xiaomi Yi

Xiaomi Yi beserta beberapa aksesori standar

Saran

Jika kamu pengen Xiaomi Yi, mendingan nyobain Xiaomi Yi versi 2 karena sudah dirilis. Di beberapa toko online sudah ada lho!

 

Berikut adalah contoh video yang diambil dengan Xiaomi Yi. Diedit dengan Adobe Premiere Pro.

 

Di bawah ini adalah contoh video timelapse yang diambil dengan Xiaomi Yi memakai mode timelapse foto pada kondisi kurang pencahayaan.

 

Berikut hasil foto Xiaomi Yi yang saya unggah ke Instagram

Pelataran Museum Benteng Vredeburg #explorejogja #yogyakarta #xiaomiyi #YiNusantara

A photo posted by MR.SD (@setiyomursid) on