Setiyo Mursid

WordPress VS Blogspot

Gak asing lagi kayaknya, dua nama besar dalam dunia blogging ini seringkali menjadi bahan pembicaraan yang panjang. WordPress dan Blogspot(Produk Blogger)kian banyak digandrungi para blogger. Walaupun banyak pula jenis penyedia layanan blog lain seperti blogsome, blogdetik, dagdigdug, dll. Namun, dua raksasa blog ini yang mau aku ulas lebih dalam. Mengapa demikian? Karena ini dipakai kalangan mayoritas blogger dunia.

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pastilah ada kelebihan dan kelemahan. *sok-sok’an mode on*. Begitu juga antara wordpress dengan blogger. Okelah mulai dari wordpress dulu aja.

WordPress yang katanya *wew kok katanya* dibuat oleh Matt Luwenmberg lebih cocok digolongkan dalam jenis OpenSorce Blog. Sebab selain menyediakan layanan subdomain wordpress.com, mereka juga memberikan engine wordpress yang bisa di download gratis dan dikembangkan sendiri. Nah ini yang namanya OpenSource. Jadi kita bebas mengcustom sedemikian hingga engine wordpress sesuai dengan kebutuhan.

Dilihat dari sisi fasilitas, wordpress memiliki segudang plugin yang bisa diandalkan untuk memperlancar kegiatan blogging. Baik plugin Comment, Tags Cloud, SPAM filter, All in One Packs, dll. Ini membuktikan wordpress lebih kaya dan sangat membantu apapun yang kita inginkan. SEO WordPress menurut pengalaman saya dan beberapa pendapat master blogger lebih unggul karena adanya dukungan tool2 SEO Plugin yang funtastic. Namun ini dia kelemahan wordpress yang banyak dikeluhkan blogger dalam berbagai kesempatan blogwalking saya, WordPress yang banyak terinstall berbagai plugin menyebabkan proses load yang lama dan terasa berat. Sehingga membuat pengunjung merasa rada ngeehhh nunggunya. tapi terakhir baca update plugin untuk meningkatkan performance wordpress sudah tersedia. Jadi, Don’t Worry be Happy! hohoho..

Sekarang beralih ke Blogspot aka Blogger. Layanan Blog gratis ini adalah bagian dari program Google Inc.  Blogger berbeda layaknya wordpress yang beraliran openSource. Blogger ada yang menyebut Non-OpenSource dan adapula yang menyebut Semi-OpenSource. Sebab, Blogspot tidak menyediakan Engine yang bisa kita download. Sehingga kudu nan wajib under-Blogger! Kita tidak bisa menginstal blogger di hosting sendiri. Ada beberapa yang bilang kalau blogspot semi opensource mungkin karena adanya menu buat custom template. SEO Blogspot kurang mendukung karena kalah dengan rival nya yang mempunyai persenjataan lengkap.

Kelebihan dari Blogspot adalah Page Load yang ringan dan cepat karena didukung bandwidth server langsung blogger dan tanpa adanya plugin yang memberatkan. Keunggulan lain blogspot yaitu bila kamu ingin terjun ke dunia Adsense, maka blogspot lah yang diutamakan dan jaminan lebih dalam persetujuan. Lain halnya dengan wordpress yang sulit untuk disetujui adsense nya. Bahkan, dulu sempat blogger menolak permohonan adsense dari blog wordpress.

Kesimpulannya disini saya pribadi tidak bermaksud mendiskreditkan pihak tertentu. Semua ini hanyalah semata ulasan buat sharing wawasan saja. Soal anda mau memilih blog apa yang mau dipakai, semua diserahkan pada masing2 blogger. Yang jelas, walaupun blogspot, wordpress, blogsome, blogdetik hakikatnya semua sama-sama sebagai seorang BLOGGER, sama2 makan nasi, sama2 manusia, sama2 ingin menimba ilmu. Tingkatkan persahabatan antar blogger dan komunitasnya.

Categories: Cerita Blog, Wordpress

Curhat: Soal Kuliahku » « Solo Linux Conference 2009

27 Comments

  1. Jujur ya, aku lebih nyaman di wordpress.com. Tapi blogspot juga menyenangkan untuk cari uang, tanpa modal, hehe

  2. Kelebihan wordpress mudah dilacak oleh search engine dan pengunjung dari wordpress sendiri berdasar tag yang kita pilih, walaupun tidak blogwalking tapi pengunjung tetap ada.
    Nah..kalo blogspot ya’ kebalikannya mas…no blogwalking no visiting…hee.hee…

  3. Hi, visiting you here with smile and peace…Cheers

  4. Saya sih milih wordpress, sungguh, liat aja, he..

  5. blog saya diblogger, tapi rencana ntar kalo udah ada duid pindah ke wordpress, lbh professional 😛

  6. mending wordpress
    blogspot susah!

    salam kenal aku nafis
    kujnungi blog aku ya:
    http://nafisblog.wordpress.com

  7. @dony, wah mas nya jujur amat sih, hehe..ada makan2 gak nih dari dollarmu? oiya tak tunggu es teh PLUS mu..

    @Mas Yopan, Bener banget mas, SEO wordpress lebih mudah terindex daripada blogspot yang kudu extra kerja

    @Sedona, Cheerrsss…(dance)(dance)

    @grubik, Iya2 mas udah tak liat kok, bangus blognya

    @Cah bagus aka Bias, kapan mau pindah Opensource mas? hohoho

    @Nafis, saya sudah kunjung balik mas, kayaknya penulis tulen ya?

  8. @dony, wah mas nya jujur amat sih, hehe..ada makan2 gak nih dari dollarmu? oiya tak tunggu es teh PLUS mu..

    @Mas Yopan, Bener banget mas, SEO wordpress lebih mudah terindex daripada blogspot yang kudu extra kerja

    @Sedona, Cheerrsss…(dance)(dance)

    @grubik, Iya2 mas udah tak liat kok, bangus blognya

    @Cah bagus aka Bias, kapan mau pindah Opensource mas? hohoho

    @Nafis, saya sudah kunjung balik mas, kayaknya penulis tulen ya?

  9. wah salam kenal nie mas mampir sebentar memang antara WordPress dan blogspot mempunyai kriteria sendiri2 ada kelemahan dan ada pula keunggulannya. .

  10. dulu sy blogspot.. skrg wordpress..
    lam kenal yo.. 🙂

  11. denger2 sekarang klo mau daftar adsense ndak boleh pake blog gratisan loh, termasuk blogspot.. coba baca FAX nya.. itu yang saya tau siih..

  12. pilih WP, theme nya lebih beragam dan mudah dibuka pake opera mini lewat hp, klo blogspot susah

  13. untuk blog saya tetep WP, nyari duit pake blogspot… mak nyus

  14. wah rata2 kayak’e mas2 nya pada maen adsense yakK?
    @bad0er, makan2e mana niH? Katane raja m0netize, hehe..
    @all, makasih banget udah kasiH pendapat di blog saya, btw saya juga uda kunjungan bAlik ke blog kalian, dan keren2 euy bl0g nya

  15. Agama blogku tetep blogspot wae, semua mudah dan nyari dollar juga lancar…dagdigdug itu sekedar untuk urun nama di agregator aja, hehehe…

    Aku kayake lagi pertama mrene ya…

  16. 22-nya bagus.
    but, prefer to WP. Bagi desainer web, WP lebih menjanjikan..

  17. Malam mas Mursid..saya ga’ bermaksud sombong lho lagi sibuk aja belum sempat ngutak -ngatik, asal tahu aja saya ni masih awam dengan tehnologi ini jadi mohon maaf aja. Pak guru yang biasa ngajari, juga luar kota terus jadi agak keteteran. Lihat aja postingannya amburadul begitu, mungkin mas mursid bisa bantu saya he..he…

    dah yaa jangan marah dunk..tak tunggu lho..

  18. Lha iki gurune bu Dyah… hehehe…
    Saya punya blog di blogspot, di wordpress.com. juga ada yang pakai CMS sendiri, pakek Joomla, pakek WP, dan sedang pengin nyediain blog komunitas pakek WPMU…
    Pokoke ngeblog!… enjoy aja!

  19. wah kamu juga main adsense yah…..
    dah brapa penghasilannya nih….

  20. @andyMSE, sopo maz sing gurune bu diah? Kwe to? Wah keren..
    @iwan, adsenseku bukan yang blog ini maz, rahasia d0nk

  21. salam mas mursid, blogmu apik. aku sih neng blogger, males pindah2. ha3. tur ra golek duit kok.

  22. Ho ho ho..
    blog’e mursid tha??
    lg reti aq..
    Btw, ajari sing nganggo WP instalan dunk..
    Hehe..

  23. @haris, wah ada penulis ulung datang kemari nih, bangganya diriku.
    @qrneea, yang bnr aj lu? Msak asisten labk0m minta diajarin? Hoho

  24. sampurasun,,

    ngikut ngomen,,

    hmm..saya mah masih setia dengan wordpress akhirnya..
    hehe

    haturnuhun..:D

  25. jadi tambah bingung mo pakai apa, semula belajar blogspot… sekarang pakai blogdetik….wah musti belajar wordpress juga ni, thanks bahasannya.
    dengan semangat bengawan, link exchange yuk

  26. Trims, setelah baca postingan anda, saya meluncur bikin blog wordpress, tapi wordpressnya pake dagdigdug aja… itung2 mempopulerkan layanan lokal blog gratis 🙂

  27. antara wordpress and blogspor plus minus nya tetep ada, tinggal kita manfaatkan kelebihan wordpress and blogspot buat ngedukung web utama….

Leave a Reply

Copyright © 2017 Setiyo Mursid

Theme by Anders NorenUp ↑

WordPress VS Blogspot

by Setiyo Mursid time to read: 2 min
27