WordPress VS Blogspot

Gak asing lagi kayaknya, dua nama besar dalam dunia blogging ini seringkali menjadi bahan pembicaraan yang panjang. WordPress dan Blogspot(Produk Blogger)kian banyak digandrungi para blogger. Walaupun banyak pula jenis penyedia layanan blog lain seperti blogsome, blogdetik, dagdigdug, dll. Namun, dua raksasa blog ini yang mau aku ulas lebih dalam. Mengapa demikian? Karena ini dipakai kalangan mayoritas blogger dunia.

Segala sesuatu yang ada di dunia ini pastilah ada kelebihan dan kelemahan. *sok-sok’an mode on*. Begitu juga antara wordpress dengan blogger. Okelah mulai dari wordpress dulu aja.

WordPress yang katanya *wew kok katanya* dibuat oleh Matt Luwenmberg lebih cocok digolongkan dalam jenis OpenSorce Blog. Sebab selain menyediakan layanan subdomain wordpress.com, mereka juga memberikan engine wordpress yang bisa di download gratis dan dikembangkan sendiri. Nah ini yang namanya OpenSource. Jadi kita bebas mengcustom sedemikian hingga engine wordpress sesuai dengan kebutuhan.

Dilihat dari sisi fasilitas, wordpress memiliki segudang plugin yang bisa diandalkan untuk memperlancar kegiatan blogging. Baik plugin Comment, Tags Cloud, SPAM filter, All in One Packs, dll. Ini membuktikan wordpress lebih kaya dan sangat membantu apapun yang kita inginkan. SEO WordPress menurut pengalaman saya dan beberapa pendapat master blogger lebih unggul karena adanya dukungan tool2 SEO Plugin yang funtastic. Namun ini dia kelemahan wordpress yang banyak dikeluhkan blogger dalam berbagai kesempatan blogwalking saya, WordPress yang banyak terinstall berbagai plugin menyebabkan proses load yang lama dan terasa berat. Sehingga membuat pengunjung merasa rada ngeehhh nunggunya. tapi terakhir baca update plugin untuk meningkatkan performance wordpress sudah tersedia. Jadi, Don’t Worry be Happy! hohoho..

Sekarang beralih ke Blogspot aka Blogger. Layanan Blog gratis ini adalah bagian dari program Google Inc.  Blogger berbeda layaknya wordpress yang beraliran openSource. Blogger ada yang menyebut Non-OpenSource dan adapula yang menyebut Semi-OpenSource. Sebab, Blogspot tidak menyediakan Engine yang bisa kita download. Sehingga kudu nan wajib under-Blogger! Kita tidak bisa menginstal blogger di hosting sendiri. Ada beberapa yang bilang kalau blogspot semi opensource mungkin karena adanya menu buat custom template. SEO Blogspot kurang mendukung karena kalah dengan rival nya yang mempunyai persenjataan lengkap.

Kelebihan dari Blogspot adalah Page Load yang ringan dan cepat karena didukung bandwidth server langsung blogger dan tanpa adanya plugin yang memberatkan. Keunggulan lain blogspot yaitu bila kamu ingin terjun ke dunia Adsense, maka blogspot lah yang diutamakan dan jaminan lebih dalam persetujuan. Lain halnya dengan wordpress yang sulit untuk disetujui adsense nya. Bahkan, dulu sempat blogger menolak permohonan adsense dari blog wordpress.

Kesimpulannya disini saya pribadi tidak bermaksud mendiskreditkan pihak tertentu. Semua ini hanyalah semata ulasan buat sharing wawasan saja. Soal anda mau memilih blog apa yang mau dipakai, semua diserahkan pada masing2 blogger. Yang jelas, walaupun blogspot, wordpress, blogsome, blogdetik hakikatnya semua sama-sama sebagai seorang BLOGGER, sama2 makan nasi, sama2 manusia, sama2 ingin menimba ilmu. Tingkatkan persahabatan antar blogger dan komunitasnya.