perpaduan warna desain

Pertama kali aku mengenal makhluk halus yang bernama “desain” ketika aku SMP kelas 3. Waktu itu aku melihat sahabatku Baskoro sedang khusyuuuk memainkan mouse di tangannya berhadapan dengan CorelDraw 9. Aku terkesima dengan fleksibilitas dalam membuat bentuk desain, belum lama aku memandang dia, aku dibuat terkesima lagi dengan caranya mendemokan sebuah font yang sangat bagus dalam desain.. Suerr waktu itu aku katrok banget, lihat font Impact sama Lucida Console aja udah bedecak kagum.

Akhirnya okelah aku ikut-ikutan belajar desain, ternyata asyik juga. Aku pun kecanduan, bayangkan jam 2 malem belum tidur hanya untuk menyukseskan menggambar sebuah daun biar kelihatan seperti daun, alhasil malah berasa mirip bentuk mentimun. Dan esoknya aku tidak masuk sekolah karena bangun jam 12 siang. Setelah sehari bolos sekolah, hari kemudian masuk dan ketika itu juga aku disuguhi dunia baru lagi dengan mainan yang namanya PhotoShop. Aku terkapar  dibuatnya.. hedew ini lebih dari sekadar jatuh cinta sodaraaa. OK daripada aku lama terkapar, aku pelajari semua itu, sebulan full selesai menamatkan corelDraw tingkat insya Allah agak mahir dan Photoshop secara dasar.

Ketika aku akhirnya diterima di SMA 1 Solo, petualanganku dengan desain pun aku lanjutkan mengikuti sebuah grup yang suka nguplek2 soal desain animasi Flash. Lagi-lagi aku dihujam dengan jenis monster desain lain yang lebih menantang. Kemudian menginjak kelas 2 SMA aku udah bergabung sebagai desainer grafis majalah Sekolah yang waktu itu namanya OASE. Akhir masa di SMA aku juga ikut desainin buku kenangan buat kelasku.

Masa kuliahku malah aku habiskan dengan membaca kitab-kitab seputar PHP programming yang insya Allah juga sedikit banyak paham. hehe.. Sampai pada akhirnya, sekarang bekerja sebagai web desainer di Salingsilang.com

Belajar desain itu yang paling lama adalah mengasah ketajaman insting tentang perpaduan warna yang pas. Butuh lebih dari 2 tahun untuk mengasahnya. Belajar desain itu juga pakai hati lho..

Untuk referensi belajar tentang perpaduan warna coba bisa dilihat di Adobe Kuler.