Tradisi Jayengan, Meracik Teh di Solo

teh di solo

Tradisi meracik dengan cara mengoplos teh di Kota Solo sudah mendarah daging turun temurun. Setidaknya sampai saat ini tetap lestari. Tradisi ini bermula dari sebuah “Jayengan“. Jayengan adalah tukang penyedia teh dalam sebuah hajatan. Merupakan suatu hil yang mustahal membuat teh di jayengan hanya dengan satu merek saja, pasti dioplos untuk menyajikan racikan teh yang ginasthel (legi, panas, kenthel). Teh di Solo

Kenapa dioplos? sebab tiap merek mempunyai ciri khas rasa dan aroma masing-masing, misalnya rasa ‘sepet‘ dan kekentalan dari suatu merek dioplos dengan harum melati yang semerbak dari merek lainnya.

Lazimnya, di Solo untuk mengoplos minimal dengan 3 merek. Teh yang terkenal enak di Solo untuk bahan oplosan diantaranya teh Sintren, teh Nyapu, teh 999, teh Gardoe, teh Gopek dan teh Kepala Djenggot.

teh di Solo
oplosan yang baru saya bikin kemarin, merek ini di Jogja tidak ada, maka saya beli di Solo.

Wedangan (angkringan) di Solo pun bisa ditebak. Jika dipenuhi oleh orang-orang kasepuhan, dijamin tehnya mantab. Namun, jika isinya anak-anak gaul, tempatnya ala-ala cafe, sebaiknya urungkan niat mampir jika ingin menikmati secangkir teh.

Hal ini berbeda dengan di Jogja. Untuk mencari angkringan dengan teh yang mantab agak sulit untuk dicari. Kebanyakan hanya mengandalkan satu merek saja dan warnanya jernih mendekati rasa air putih. Di Solo, bisa dijumpai merek teh oplosan yang sudah lama beredar, yakni merek Blontea. Dioplos oleh blogger Blontank Poer, jika tertarik sila pesan saja dengan mention di Facebook atau di Twitter.

Foto di bawah adalah contoh teh oplosan dari merek teh yang lazim berseliweran di Jogja. Teh oplosan Kepala Djenggot, Tong Ji Premium dan Tjatoet. Jadi, sudahkah teman-teman mencoba racikan teh ala Solo? atau selama ini sekadar bikin teh dari teh celup? Monggo dicoba!

teh di solo
Racikan teh yang merek-mereknya bisa dijumpai di Jogja. Teh Tjatoet, Kepala Djenggot, dan Tong Ji Premium.

 

***

Tulisan ini pertama kali saya publikasi di sebangsa.com, bisa ditengok di tautan ini atau unduh aplikasinya di Android atau iOS.

Leave a Reply