Say No To Sinetron

Stop SinetronPernah lihat sinetron? seperti cinta Fitri, Alisa, Sekar, Tersanjung, Nikita, dan nama sinetron sejenis lainnya. Mengapa hal ini saya ulas di blog ini? Yang paling utama adalah faktor keprihatinan saya terhadap tayangan televisi sekarang ini. Hampir di semua channel TV menyuguhkan apa yang dinamakan “Sinetron“. Sebuah kata yang mana oleh para pakar bahasa diartikan Sinema Elektronik, namun menurut saya sinetron mempunyai arti Pembodohan elektronik. Saya tahu dan yakin mengapa begitu banyak TV menayangkan sinetron, karena memang ini dilihat dari segi bisnis sangat menggiurkan. Dimana target dari program ini adalah mayoritas remaja dan ibu rumah tangga. Namun, betapa ironisnya keadaan seperti ini jika kita mau sejenak untuk berpikir dan merenungkan makna sebenarnya dari sebuah sinetron.

Sebuah tayangan yang sangat tidak mendidik sama sekali, dimana setiap sinetron mempunyai garis besar yang sama. Yaitu ceritanya seputar hubungan cinta, kerabat dan ditambah pihak ketiga yang ingin merebut harta warisan. Dibumbui dengan kelicikan, dengki, jahat, dan sikap yang kurang bermoral lainnya, secara tidak langsung meracuni pola pikir generasi muda bangsa ini ke arah yang dicontohkan dalam sinetron tersebut. Seakan sinetron menjadi sebuah kiblat dalam upayanya memasukkan segala unsur kapitalis dan materialisme yang lepas dari kontrol budaya timur.

Mau dibawa kemana masa depan bangsa ini jika mayoritas generasi mudanya tiap jam disuguhkan tayangan yang berakibat dekadensi moral yang berakar kuat dalam diri mereka. Apakah hidup ini mau seperti sinetron? yang setiap saat bisa foya-foya, dapatin harta dengan cara licik, dan tindakan kotor lainnya. Sebagai seorang manusia yang berkecimpung dalam kancah dunia global ini, inti utama dalam mengarunginya adalah sebuah Filter dalam diri kita. Kita harus bisa membedakan mana tayangan yang baik dan mana yang kurang mendidik.

Sebagai bagian dari penikmat televisi jujur hal ini membuat saya muak dengan adanya surplus tayangan sinetron kampret itu. Apakah kita mau mempertanyakan kinerja LSI yang berwenang masalah sensor? ataukah kita akan selamanya dikelabuhi oleh tayangan sinetron dan tayangan drama seri lainnya yang berkedok agama, namun ternyata ceritanya bertolak belakang dengan ajaran agama.

Mari..kita mulai dari diri sendiri, tanamkan dalam hati, hentikan semua tindak pembodohan dan upaya pemerosotan moral ini dengan mengatakan “SAY NO TO SINETRON!!“. Thank’s

44 comments On Say No To Sinetron

  • Avatar

    manuut..

    mohon bantuannya di sini

    bantuan apa mas? kebakaran? wogh..

  • Avatar

    hahaha…
    gua sii mendingan nonton iklan daripada sinetron.

    SEPAKAT POKOKE!

    SAY NO! TO SINETRON!!

  • Avatar

    Hmmmm…. ora mungkin! Karena mulai dari jam 7 malem sampai gg tau jam berapa, tipi udah pasti nyalain sinetron. Mana kuat lawan ortu. Hahahahaa. Ngenet aja de….

    haalah badanmu khan bongsor sha, jadi kuat lah..hahahahahahaha…

  • Avatar

    Aku masih nonton sinetron sing bintange ayu-ayu Sid…
    Tapi nek Sinetrone Indosiar….Wah boikoten wae….

    yowes karepmu lah..gegege

  • Avatar

    Pembuat sinetron ‘kan cuma mau uangnya. Mereka lepas tangan dengan akibat jangka panjang yang diakibatkan oleh sinetron.

    asal lepas tangan bukan karena ditodong..hehe

  • Avatar

    Aq wis nem tahun ra nonton tipi. Dadi ra mudeng mas mursid. Madonna yang artis terkenal saja melarang anaknya menonton tipi, apalagi kita. Kata Madonna, “TV itu hanya berisi satu hal, SAMPAH !!!”

    ada benarnya juga mas, tapi discovery channel bukan sampah

  • Avatar

    setuju
    tos!

    Tos mbak astrid pake sandalku aja yaa..hehe

  • Avatar

    wah jarang nonton sinetron..
    kayaknya yang demen sinetron jadi korban pembodohan….

    bener banget mas Bison

  • Avatar

    Stuju…yang lebih parah lagi yang contekan langsung dari cerita seri luar..udah isinya ga jauh jauh..nyontek pula…cilaka…*tepuk jidat*
    Kadang kadang..ato sering saya pusing..sama orang orang yg teriak teriak terus tentang pencekalan yang tidak pantas ditayangkan..tapi yang begituan itu..lolooooosss….bis mereka juga pada nonton sih hua ha ha ha ha…

    itulah warna perfilman indonesia, kalo gak model sinetron ya pilem horor..

  • Avatar

    haha setuju nih brurrr..
    tapi yang anehnya walau setuju aye masih tetap aja nonton cinta fitri..
    klo puter lain.. ntar berantem lagi ama nyokap :))

    my blog

    kan liat tv online bisa mas..

  • Avatar

    SINETRON…
    nggak ah…

    STOP!!

  • Avatar

    podo mas jauh dimata wae aku…say no to sinetron 😛

    nah gitu dunk..Lanjutkan!

  • Avatar

    mbokot kaya gitu paling mempan 1 bulan nanti kalau dah 1/2 kembali lagi seperti awal kaya dikasioh depfreezz

    kalo aq bisa koq mas selamanya, soale aq udah bener2 anyel tnan nonton sinetron, gak tau kalo yang laen

  • Avatar

    wah…SINETRON???? kadang nonton kadang g seh.. tergantung bintang e..he..he.. nek critane g mbulet asyik2 ae tuh nonton e yang penting g niru2 sing elek.. kan ada hal bagusnya….

    tapi kayak’e si hanida lebih suka memelihara travian deh..ya tho?

  • Avatar

    kadang liat
    tapi gag begitu tertarik

  • Avatar

    lebih suka (tp ga suka banget) nonton FTV daripada nonton sinetron… males..

    males itu penyakit ilmu. Auwahh…

  • Avatar

    Solusine opo mas??
    Sampeyan cari masalah sama ibuk-ibuk… hehehe

    solusine ngeblog aja, kita khan blogger, masak kudu perang ma ibu2..

  • Avatar

    wah galak…
    throw away your television…

    Yo thok nuw mas..MERDEKA! Loh!

  • Avatar

    sinetron sing layak ditonton kuwi yo FTV.
    ora bersambung, langsung bubar…
    tur pemaine ayu-ayu,
    ra percoyo takon dony-alfan sing maniak FTV

    FTV itu sama kayak ATV g? yang buat balapan itu loh..
    *kaburr…*

  • Avatar

    nek kabeh do wegah, aku tak nonton wae.. *ngurupke TV, nonton dewi (LOL)

    ael kumad..menjadi oposisi lagi,hoho

  • Avatar

    mending nonton termehek-mehek
    wkwkwkwk

    asline rekayasa bukan sih itu?

  • Avatar

    ndak sekalian?
    “SAY NO TO PILEM HOROR ENDONESA..!!”

    ternyata mbak tika penakut iaa? ahahha

  • Avatar

    tidak!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!.
    ulie termasuk pecinta sinetron cinta fitri..
    klo yang laen sech terserah dach…..

    dasar uliie..hehe

  • Avatar

    sinetron sekarang gak ada yang jelas
    paling kalo lagi ada waktu nonton beberapa, itu pun cuma ngeliatin aktingnya doang, kalo bagus lanjut, kalo jelek ganti saluran. sekalian belajar

  • Avatar

    waduh .. saya ngga bisa mboikot je,
    lha dah nggak pernah nonton sinetron .. sibuk nguli di pabrik dan ngeblog 🙂
    salam kenal 🙂

  • Avatar

    Boykot semua nggak lah…paling boykot yang banyak mengundang perbedaan idologi dan pandangan aja…yang menyesatkan…
    Kalau mau buat para sineas ini untuk mampu berpikir gimana caranya menciptakan sinetron2 bagus yang memberikan nilai. Bukan memunculkan sinetron2 yang alur ceritanya malah menyesatkan.

  • Avatar

    wah wahhhh… sinetron sekarang emang kurang ndidik juga… gak jelas gmana gituuuu.. salam kenall

  • Avatar

    Dari pada Nonton “Gituan” mending “Ginian”…….

  • Avatar

    Ya setuju sinetron itu cuma sampah tv. mendingan liat sinema elektronik aja, loh sama aja dong wakakakak.

  • Avatar

    beuh.. paling anti dengan sinetron.. ceritane mung gitu2 aja dan nggak berkembang..

    Mending nonton berita.. walopun isine politik sikut sana sikut sini tapi itulah realita indonesia.

    Salam kenal mas.
    ketoke ultah kita bareng ki.:d

  • Avatar

    buktikan gerakan “malu nonton sinetron”

  • Avatar

    haii..hai…
    salam kenal iah^^..
    hmm..sinetron jaman sekarang nggak mutu semua..buang” waktu..hahaha..
    mendingan nonton film..sekali habis dan lebih menarik tentunya.
    sedih,,ngeliat sinetron Indonesia yg nggak masuk akal dan seharusnya perlu diberantas.. sinetron yg nggak mendidik tapi lebih pada komersialisasi..hufff…

    mampir iah ke blog saiia..^^

    http://pelangiituaku.wordpress.com

  • Avatar

    gini,,, di Amerika sana ada semacam penghargaan (award) buat acara dan film paling jelek.

    dan tahu gak? doa mereka (para peserta) adalah JANGAN ACARA GUE YANG MENANG.
    nah intinya, AWARD tersebut adalah ajang jelek2an acara, bisa jadi ajang kecroh2an.

    nah, kalo di Indonesia ada Award serupa, maka saya berani bertaruh, Sinetron Indonesia pasti menang… hehehehehehe

  • Avatar

    betul.hapus saja acara pembodohan itu….

  • Avatar

    . iah nih….

    . palagy itu tuh…inayah….

    . tyap ari isinya tampar2an mulu…..

    . ngajarin yang gak bner tuh….

  • Avatar

    wah yo ojo di boikot sik…
    aq nnt g isa liat si cantik dinda knya dewi nuh…
    hmmm…..

  • Avatar

    salam knal kpd tuan rumah, gambarnya ku copy ya (yakin pasti dizinin) 😀

  • Avatar

    aku ga mau komentar ah biar bisa bayarin es teh kampul

    tengkyu mas, tak tunggu tnan lho

  • Avatar

    jangan salah, sinetron sebegitunya km membencinya dia punya peminat tersendiri, juga sinetron indosiar sebagaimanapun banyak yang benci dia punya peminat tersendiri, misalnya mbah mbah masih pada suka liat manusia ular lho..

    belum sadar aja…

  • Avatar

    Sinetron? Kita tak selayaknya membenci walaupun menonton sinetron itu hal yang sia-sia. Penonton juga tau hal baik dan hal buruk. Yang jadi masalah hal buruk pasti lebih cepat untuk diserap. Nah, kl mau liat sinetron ya yang isinya hal baik aja.. Smua pemerannya protagonis.. Karena ga ada yg ky gitu, alangkah baiknya kl dihindari. Sungguh menyesatkan..
    [sigh..] ck ck ck..

  • Avatar

    Memang kalo di Indonesia, mayoritas siaran didominasi oleh sinetron, gosip, film horor, dan reality show horor.

    Sekedar info, ini sangat berbeda dengan di USA. Hampir semua stasiun televisi memiliki satu jenis siaran khusus. Sebagai contoh, ada yang untuk kartun (CN), iptek (DISCV), berita (CNN), reality show, musik (MTV), kerohanian, sejarah (HC), olahraga (ESPN), kriminal (TRUTV), alam (NTGEO), hewan-hewanan (AP), film-film (HBO), komedi (CC), dsb.

    Sehingga penonton bisa memilih apa yang mau ditonton sesuai dengan seleranya. Tidak melulu dicekok sinetron-sinetron-sinetron, gosip-gosip-gosip, dan horor-horor-horor.

  • Avatar

    memang sih, sinetron2 sekarang banyak nyontohin yang gak bener… tapi sebenernya, semua itu tergantung siapa yg menonton…kalo orang yg sudah bisa berpikiran dewasa, pasti gak akan terpengaruh..tapi kalo anak2, ya lain perkara..makanya itu para orang tua harus mendampingi anak2nya saat menonton televisi.. 🙂

  • Avatar

    Sinetron, oga ah, ga penting… Sinetron hanya menghabis-habiskan waktu kita yang sebenarnya bisa dipakai untuk mengerjakan hal-hal penting.

  • Avatar

    udah lama ndak nonton tipi, soalnya tipi nya buat barengan…ndak kuwat duitnya kalo beli lagi…jadi lebih memilih belajar coding dan internetan saja

    *nggaya sithik*

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Say No To Sinetron

by mursid time to read: 1 min
44