Arung jeram lagi ke Magelang. Dasarnya saya itu lebih suka piknik ke pantai daripada ke gunung, rencana rafting yang diprakarsai kantor pun tak mampu kutolak. Setelah beberapa tahun lalu menjajal rafting ke sungai Progo Atas, pada November 2016 kemarin nyebur ke sungai Elo.

Petualangan dimulai dari Kampung Ulu Resort, sebuah tempat makan dan menginap di Desa Mungkid, Magelang. Tempat ini sangat strategis, dekat dengan kawasan wisata Candi Borobudur, Candi Pawon, Candi Mendut dan sebagai titik penjemputan untuk rafting ke sungai Elo. Dari Kampung Ulu Resort, rombongan kami dibawa menggunakan angkutan menuju titik start rafting. Seperti biasa, sebelum rafting dimulai, salah satu pemandu menjelaskan pengetahuan dasar mendayung, menaiki kapal, cara berenang. Cek ricek perlengkapan selesai dan berdoa, rafting dimulai!

Rafting di sungai Elo ini meskipun grade-nya III, namun banyak yang bilang aman untuk semua umur, bahkan untuk pemula yang belum pernah rafting sekalipun. Aliran sungai Elo aman dari banjir dadakan apabila turun hujan, jadi tidak perlu was-was yang berlebihan hanya saja memang waspada itu perlu. Maka, untuk yang takut sama air, takut nyebur, harusnya perlu menjajal ke sini, jangan mau dibohongi pakai…*eh, maksudnya jangan mundur akibat kekhawatiran yang berlebihan kalau rafting itu bahaya, tergantung kondisi medan dan grade *dan nasib juga sih*. Rafting itu menyenangkan!

Salah satu jeram pendek di sungai Elo, aman dan tidak berbahaya.

Rafting di sungai Elo menyusuri kurang lebih 12 kilometer dengan jarak tempuh 2-3 jam. Melewati beberapa pemandangan yang gado-gado, ada yang indah, ada pula pemandangan pembuangan kotoran. Jeram di sungai Elo yang dilewati kemarin menurutku biasa saja, dalam artian memang cocok buat pemula, berbeda dengan jeram saat di sungai Progo Atas dulu yang menantang dan asoy geboy. 😀

Sekitar 1 jam perjalanan dari awal mulai, kelapa muda dan jajanan pasar tersaji di tengah perjalanan. Sebuah tempat peristirahatan untuk sekadar melepas lelah. Tipsnya jika lelah mendayung di satu sisi, mintalah tukar posisi ke sisi yang lain dengan temanmu, agar tangan kiri dan kanan bisa bergantian mendayung. Satu lagi, jika disuruh pemandu mendayung itu ya dayunglah, biasanya dalam satu perahu pasti ada yang malas mendayung padahal yang lainnya sudah ngos-ngosan, enaknya yang kayak gitu diceburin aja ke sungai. Haha!

Rafting Sungai Elo

Operator: Dreamliner

Fasilitas:

  • River Guide di tiap kapal
  • Asuransi
  • Rafting Equipment (Helmet, Life Jacket, Paddle, Boat)
  • Kelapa muda + snack (di tengah perjalanan)
  • Dokumentasi (sayang sekali dokumentasi foto minim hanya 2-3 spot saja)
  • Transportasi dari dari startfinish point kembali ke Kampung Ulu Resort.