Pecas Ndahe di Mata Saya

Orkes Humor aseli Solo

Mendengar kata pecas ndahe jangan langsung berasumsi ini adalah kata yang dipake oleh blogger ini dalam setiap postingannya yang khas itu. Mungkin saja pecas ndahe yang ini lebih dulu ada dibanding yang itu. Lha wong pecas ndahe ini ada sebelum ditemukan blog.  Kalo wong Solo mendengar kata Pecas Ndahe pastilah langsung terbayang sebuah grup musik super lucu aseli Solo.

Pecas Ndahe adalah sebuah grup band yang  lebih tepatnya disebut dengan orkes humor aseli Solo . Saya bikin tulisan ini karena memang aku juga ngefans dengan pecas ndahe ini meskipun aku tahu sudah pernah ditulis di blognya mas AndyMSE.

Orkes humor yang berawal dari sebuah pertemanan antar mahasiswa Fakultas Seni Rupa UNS ini terbentuk pada 5 September 1993. Wow..sudah lama banget. Adapun personilnya adalah Pakde Emil (joke,vocal), Burhan (joke), Doel Sumbing (joke, vocal), Tony (lead vocal), Nurul (lead Guitar), Yo’i (rhytme, cak cuk), Pendek (bass), Tomo (drum). Tapi aku masih bingung sama yang lead vocal itu kayaknya personil baru deh, dan aku baru lihat penampilannya  pada Konser acara ulang tahun ke-17 Pecas Ndahe yang lalu di Pendapa Agung Taman Budaya Surakarta (TBS). Seingatku lead vokalnya dulu bernama wisik, tapi sekarang ganti tony yang lumayan cool itu.

Jujur, aku ngefans dengan pecas ndahe ini karena memang selalu menyajikan humor dan parodi lagu yang fresh, kreatif , dan senantiasa mempunyai ciri khas dalam perpaduan lagunya, yaitu keroncong. Entah apa lagunya, bisa aja jadi bikin ketawa. Lagu terakhir yang saya dapat itu parodi lagunya Peterpan “Yang Terdalam” yang awalnya kayak aslinya tapi begitu di tengah bernuansa keroncong yang easy liten banget. Fans Pecas Ndahe ini disebut “Ndaser“, terdengar unik, nyentrik, dan gokil.

Joke yang disajikan oleh personel pecas ndahe ini terkesan memang murni lucunya dan jauh dari kesan dibuat-buat lucu. Sehingga memang lucu tenan. Enggak kayak band humor Solo yang satunya yang kini sudah jadi band nasional  tapi malah terkesan wagu dan  dipaksakan lucu itu.

Aku mulai mengikuti konser Pecah Ndahe ini sejak konser tahun 2005 sampai sekarang. Tapi aku juga punya video waktu konser ultah ke-1o Pecas Ndahe tahun 2004 silam. Koleksi lagu dan videonya pun aku punya , walaupun tidak sepenuhnya lengkap tapi sudah bisa bikin aku ketawa sendirian di pagi hari. Oiya, buat temen blogger yang dulu datang waktu launching Komunitas Blogger Bengawan pasti lihat MC yang berambut panjang, dan itu juga personel Pecas Ndahe yang bernama Doel Sumbing. Lucu kan?

Ngomong-ngomong soal prestasi, pengalaman konser tidak diragukan lagi. Silahkan langsung menuju website resmi pecas ndahe yang beralamat di http://www.pecasndahe.com atau bisa juga http://www.pecasndahe.net. Di website tersebut bisa dilihat apa saja tentang pecas ndahe dan dokumentasi acaranya.

kontak:

PECASNDAHE – MUSIK HUMOR
RUMAH SEWA JURUG
Jln. K.H. Maskur Blok A/8 Jurug Solo
Phone/Fax : (0271) 632160
HP. 081 548 553 880

Front end Designer & Web Developer, (katanya sih) Blogger, Milo Dinosaurus Lover, fans Real Madrid dan penyuka angka tujuh.

53 comments On Pecas Ndahe di Mata Saya

Leave a Reply

Site Footer

Pecas Ndahe di Mata Saya

by Setiyo Mursid time to read: 2 min
53