Sayangi Perutmu, Jelajah Kuliner Jogja

Setelah cukup lama mengitari tiap sudut kota Jogja untuk jalan-jalan “ngawula ilat” (jw: menghamba lidah) alias kulineran, pengen rasanya sedikit saja mengabarkan kepada man-teman beberapa rekomendasi kuliner asik yang lumayan cocok di lidah saya berdasarkan asas subjektif-relatif.

Informasi kuliner di Jogja ini sebenarnya mudah banget didapatkan untuk kamu yang mau sedikit saja berusaha mencari tahu. Karena memang tipikal orang kan beda-beda, ada yang aktif mencari informasi, ada yang tidak tahu lantas tidak mau sedikit aktif mencari tahu.

Sumber informasi kuliner Jogja bisa kamu dapatkan dari beberapa website dan blog pribadi yang fokus mengulas kuliner seperti MakanJogja, EatJogjaCupcakerinamutz, FoodVenueJogja, dll. Kamu bisa juga mengikuti linimasa Instagram akun-akun kuliner Jogja seperti javafoodie, jogjaculinary, makanjogja, ceritamakan, dll. Mudah banget, kan?

Kalau sudah dapat informasi kuliner yang kayaknya menggoda langsung cuss dicoba saja, lha nanti rasanya gimana? ya dicoba saja dulu, enak ya syukur kalau nggak enak ya tidak usah kembali. Simpel, namanya juga mencoba. Akan lebih bagus kalau ternyata ada teman yang sudah pernah mencoba, bisa tanya testimoninya.

Nah, ini ada beberapa rekomendasi saya jika kamu sedang di Jogja dan pengen kulineran. Kuliner ini campuran dari kuliner kekinian dan kuliner tradisional yang sudah terkenal.

1. Bakmi Doring

Bakmi Doring Suryowijayan

Bakmi Doring Suryowijayan

Warung bakmi goreng yang berada di Jalan Suryowijayan ini sudah ada sejak tahun 1984. Menu andalan saya ketika kesini ya bakmi goreng, rasanya aduhai enak banget! Bakmi paling enak dan gurih yang pernah saya jumpai di Jogja. Selain bakmi goreng, juga ada bakmi godhog dan nasi goreng. Untuk minumnya, sila dicoba teh poci gula batu yang rasa tehnya juga lumayan enak ginastel. Antrinya memang agak lama, tapi sebanding dengan rasanya yang enak. Sudah 5 kali saya mampir ke sini. Seporsi bakmi goreng dihargai Rp.17.000,-.

 

2. Minke Red Bean Dessert Bar

Minke Experience

Minke Experience

Sebuah tempat asik buat ngemil, nyore asik bersama pacar, ngobrol santai dengan teman-teman. Kuliner yang menyajikan menu utama es kacang merah dengan berbagai pilihan rasa buah dan topping. Tempat nongkrong yang mengusung slogan “Jangan Lupa Jatuh Cinta” ini berada di jalan Monjali 106a persisnya setelah selokan Mataram sebelum SPBU kiri jalan. Ngemil di sini bisa sangat kenyang apabila kamu memesan cemilan roll kacang merah atau dorayaki kacang merah, enak gaes! Harganya antara Rp.12.000 – Rp.30.000,-.

 

3. Iga Bakar SiBangor

Iga Bakar Sapi dan Ca Brokoli

Iga Bakar Sapi dan Ca Brokoli

Warung iga bakar di daerah Nitikan ini layak untuk dipuji. Iga bakar yang disajikan dalam bentuk hot plate dengan sensasi kebul-kebul ini asoy geboy banget dinikmati selagi panas dengan rasa pedas yang bisa dipesan sesuai kemampuan.

Kombinasikan dengan sayur ca brokoli yang tak kalah gurih. Di warung ini tak hanya iga bakar sapi tetapi ada juga iga bakar kambing dan ayam pedas. Kalau masih kurang kenyang, untuk penutupnya bisa memesan surabi Bandung yang tersedia di sini. Untuk menikmati seporsi iga bakar kita diwajibkan membayar Rp.25.000,-.

 

 

4. Bakso Bakar Cak Man

bakso bakar cak man jogjaAwalnya saya yang biasa menikmati bakso bakar ala sunday morning atau di Alun-Alun sudah berpendapat bahwa yasudahlah paling bakso bakar di mana-mana ya seperti itu. Namun, semua berubah sejak diajakin pacar nyobain Bakso Cak Man yang baru buka di Jogja City Mall. Pepatah bahwa “Di atas langit masih ada naga langit” memang benar adanya. Bakso bakar Cak Man ini enak betul, tiga buah bakso yang besar dibalur dengan bumbu kacang yang ueenaak lembut dan taburan bawang merah, Ugh! Aku menyerah pasrah pada seporsi bakso bakar Cak Man. Seporsi bakso bakar dihargai Rp. 12.000,-.

 

 

 

5. Kue Cubit “Bittylicious”

Kue cubit rasa kopi, pisang, dan red velvet

Kue cubit rasa kopi, pisang, dan red velvet

Jika boleh berlebihan, mungkin kuliner surga itu pernah sesekali bocor di dunia dan menjelma dalam bentuk kue cubit. Kue yang berbentuk kecil-kecil ini ketika masuk ke mulut seketika mengeluarkan sensasi yang mendayu-dayu lidah. Cita rasanya lembut, lumer, manis dan perpaduan rasa yang dihasilkan dari berbagai pilihan rasa dan topping seperti red velvet, kopi, banana, kitkat greentea, dll aduh enaknya. Jika soremu sedang senggang, punya secuil waktu luang, bolehlah kiranya mencoba tempat nongkrong Kue Cubit “Bittylicious” di jalan Kaliurang ini, sebelahnya Parsley. Wes to enak-enak..

 

6. Kebab Kadir

kebab-kadir-misterburgerSekali lagi bahwa “Di atas langit masih ada naga langit, atau raja langit, atau langit-langit kerinduan yang menggigit“. Kebab kadir yang dijual di gerai MisterBurger KofieSyop depan PH jalan Sudirman ini telah berhasil memporakporandakan cita rasa kebab yang selama ini saya nikmati. Berbagai macam menu kebab telah saya coba, namun kebab kadir ini jahat betul caranya menggoyang lidah. Dengan kulit kebab yang ‘tak biasa’ yakni kulit yang cenderung kriuk dipadu dengan saus pedas dan potongan daging berbentuk dadu besar-besar, menjadikan kebab yang biasa mangkal di depan Indomaret jadi berasa medioker. Kebab kadir ini sepanjang yang pernah saya nikmati hanya bisa diadu dengan kebab di kios masakan arab di Kompleks Masjid Riyadh, Pasar Kliwon Solo yang memang kawasan kampung arab. Untuk menikmati kebab kadir tidak perlu membayar mahal, cukup dengan Rp.15.000,- kamu sudah kenyang menikmati seporsi kebab kadir ini.

 

7. Nasi Uduk Palagan

Nasi uduk goreng, babat goreng, teri, tempe goreng dan nasi uduk bakar.

Nasi uduk goreng, babat goreng, teri, tempe goreng dan nasi uduk bakar.

Hah? Nasi uduk goreng? pertama kali saya dengar bahwa ada menu nasi uduk yang digoreng, udah kebayang betapa gurihnya. Sebagai pencinta nasi goreng garis keras saya langsung nyetater mio untuk bergegas mencoba. Sarapan pagi nasi uduk goreng di jalan Palagan adalah pengalaman pertama, karena pada kesempatan berikutnya saya mencoba nasi uduk Palagan yang buka cabang di depan EastParc Hotel Babarsari. Nasi uduk goreng dengan lauk babat goreng adalah kombinasi yang layak dipuji. Ringan, cukup mengenyangkan dan gurih.

8. Lumpia Depan Hotel Mutiara

Lumpia denga isi daging ayam, telur puyuh dan sayur dilengkapi dengan mayonaise bawang.

Lumpia denga isi daging ayam, telur puyuh dan sayur dilengkapi dengan mayonaise bawang.

Dulu ketika dolan ke Malioboro, biasanya saya menyempatkan membeli lumpia di samping Malioboro Mall. Namun, beberapa waktu lalu saya dikenalkan dengan lumpia yang lebih maknyus yang sama-sama di jalan Malioboro, yakni tepatnya di depan hotel Mutiara.