Kopdar Blogger Nusantara

blogger nusantara

Mas Ipul dari Blogger Makassar sedang membacakan ikrar blogger nusantara

Kami Blogger Nusantara, satu kebanggaan bersama, Blogger Nusantara.
Kami Blogger Nusantara, satu misi bersama, persaudaraan dan kemandirian Blogger Nusantara.
Kami Blogger Nusantara, satu visi bersama, insan kreatif media digital Indonesia.

Begitulah bunyi ikrar yang sukses bikin merinding saat sekitar 1300-an blogger nusantara yang menjunjung tinggi persaudaraan mengumandangkan bersama pada tanggal 30 Oktober 2011 di Sun City Convention Hall, Sidoarjo.

Sebuah acara kopdar akbar tahun 2011 ini telah terselenggara dengan nama “Kopdar Blogger Nusantara” pada tanggal 28-30 Oktober 2011. Berbagai blogger dari penjuru tanah air berkumpul dalam satu ikatan persaudaraan. Ada Blogger Maluku, Blogger Kalimantan, Blogger Makasar, Blogger Nusa Tenggara Timur, Blogger Jabodetabek, Blogger Solo, Blogger Kepiting, Blogger Purwokerto, Blogger Jogja, Blogger Surabaya, Blogger Sidoarjo, Blogger Malang, Blogger Semarang dan masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu.

Peserta Blogger Nusantara diajak untuk sejenak menyadari bahwa kita hidup di daerah yang rawan bencana, diajak untuk merasakan apa yang dirasakan saudara kita yang terkena dampak bencana. Oleh sebab itu dalam perhelatan blogger nusantara ini tempat penginapannya sengaja dibikin setting seolah-olah para blogger sedang dalam keadaan mengungsi. Tennis Indoor GOR Sidoarjo disulap menjadi semacam barak pengungsian, sebagaimana dulu tempat ini dijadikan warga Sidoarjo untuk mengungsi dari dampak Lumpur Lapindo. Ya, kita seharusnya memang merasakan sendiri betapa tidak enaknya menjadi pengungsi.

Penginapan Blogger - Beginilah dulu warga Sidoarjo mengungsi dari Lumpur Lapindo

Saya (jaket merah) foto bareng beberapa teman dari Solo

Saya sendiri mengikuti Kopdar Blogger Nusantara mulai hari kedua, pembukaan pada hari pertama terpaksa saya lewatkan karena masih harus bekerja. Acara dipusatkan di Sun City Convention Hall. Di acara inilah akhirnya kerinduan kopdar dengan teman-teman blogger yang sudah lama tidak ketemu pun terobati. Suasana kopdar bareng yang cair dan santai akhir-akhir ini mulai jarang saya rasakan setelah mulai disibukkan dengan pekerjaan.

Dalam pertemuan blogger kali ini yang saya rasakan sungguh luar biasa. Sebab di situ kita merasa semua sama rata. Berdiri sama tinggi dan duduk sama rendah, yang penting semua bisa kenalan, bisa saling sapa, sukur-sukur bisa membawa pulang hati seseorang. *halah* — bukan begitu mas bro Almascatie? ahihihi..

Vinoaj Vijeyakumaar (kiri) - Senior Conversion Specialist at Google Southeast Asia dan saya (kanan)

Pada akhirnya ngeblog akan menjadi kebiasaan seseorang untuk menuliskan sejarah perjalanan hidupnya sendiri. Bukankah menulis itu juga salah satu proses pengabadian sejarah? Yang pasti sampai saat ini aku masih suka ngeblog, kopdar blogger, jalan-jalan saling sapa dengan teman-teman blogger,dll. *dapet jodoh blogger? gak nolak! Ups! *

semoga acara kopdar blogger nusantara tersebut bisa menjalin persaudaraan dan memberikan manfaat bagi semua blogger yang berpartisipasi. Terima kasih kepada panitia yang sudah menyiapkan acara dan penyambutan tamu. Sukses buat kalian.

kredit foto: Kamera Saya, Kameranya mas Totok