Setiyo Mursid

Pengalaman Menggunakan Kamera Xiaomi Mi4i

Xiaomi Mi4i merupakan ponsel kelas menengah yang cukup mencuri perhatian di Indonesia. Dengan spesifikasi yang mantap dan harga yang lumayan terjangkau dibanding ponsel dengan spesifikasi sekelasnya, Xiaomi Mi4i menebarkan jala pemikat yang menggiurkan bagi penikmat gadget.

Pada tulisan kali ini saya tidak akan mengulas secara detail tentang spesifikasi ponsel Xiaomi Mi4i ini, saya hanya akan berbagi kesan tentang kameranya. Sebab sudah banyak sekali yang mengulas spesifikasi dan fitur-fiturnya di luar sana, salah satunya bisa kamu lihat ulasan Xiaomi Mi4i dari Matriphe atau dari DroidLime berikut. 

Setelah saya tergoda untuk membeli Xiaomi Mi4i, selama dua bulan memakai memang merasa sangat puas dengan performanya. Terlebih jika menggunakan kamera. Alhamdulillah tidak salah memilih karena ceritanya sehari sebelum membeli ponsel ini, awalnya pengen membeli Xiaomi Redmi 2. Namun setelah baca ulasan-ulasan dan video mbak cantik di atas, saya tergoda mbaknya untuk membeli Xiaomi Mi4i

Dibekali dengan kamera 13 megapiksel sensor generasi kedua dari SONY, 5 elemen lensa, bukaan f/2.0 dan dual-LED flash membuat foto yang dihasilkan cukup menjanjikan. Bening bro! Kamera Xiaomi Mi4i menyediakan mode foto manual dengan ISO 3200, fokus tak terhingga, kecepatan 2 detik, dan pengaturan white balance.

Screenshot_2015-08-26-15-32-54 (1)Selain mode manual, ponsel ini juga dibekali dengan fitur panorama, beautify dan timer buat yang suka selfie, HHT dan refocus. Nah, yang menarik adalah fitur refocus. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengubah fokus saat foto sudah selesai di-jepret. Foto yang sudah ada di galeri bisa kita ubah fokus sesukanya. *Pada dasarnya sebenarnya fitur ini membuat 4 jenis foto dalam fokus yang berbeda kemudian disatukan dengan fitur ibuild yang ditanamkan di kamera.

Oiya, bagi yang suka selfie bareng teman-teman, jangan khawatir temanmu gak masuk frame karena Xiaomi Mi4i memiliki lebar lensa 80 derajat.

Flash

Dual-LED flash yang disematkan bersanding dengan kamera ini bukan flash biasa, ia akan secara otomatis mengukur temperatur warna dan seberapa kuat cahaya putih dan kuning (Cold & Warm color) yang dihasilkan, jadi akan membuat foto akan tampak natural meski memakai flash. Foto di dalam ruangan atau dalam keadaan minim cahaya tak perlu khawatir lagi. Tanpa flash pun udah cerah apalagi dengan flash.

Shutter Speed

Kecepatan klik alias shutter speed-nya bro, cepet! Menyenangkan ketika saya yang lebih banyak menggunakan ponsel untuk foto-foto dan bersosial media.  Shutter speed akan sedikit menurun ketika menggunakan fitur foto HDR.

Fitur Foto HDR

Pada ponsel Xiaomi Mi4i ini, pada mode foto otomatis, terdapat 3 jenis mode HDR yaitu mode foto HDR off (tanpa HDR), HDR Live (agak HDR), HDR Pro (HDR bro!). Menariknya, misalkan kita memfoto dengan mode HDR, kita tetap mendapatkan foto yang lebih natural, tidak lebay seperti HDR yang kebangetan HDR-nya gitu.

Fitur foto HDR.

Fitur foto HDR. Kondisi penerangan sangat kurang.

Filter Foto

Xiaomi mempunyai 12 filter foto standar yang mereka sematkan dalam semua ponsel mereka. Mono, Vivid, Yesteryear, Fish Eye, Mosaic, Dawn, 1970s, Japanese, Autumn, Indigo, Normal, dan Mirror.

Video

Xiaomi Mi4i sudah dibekali dengan perekam video Full-HD 1080p 30fps. Bisa bikin rekaman video HDR, Timelapse dan Slow Motion.

Kekurangan

Tidak ada yang sempurna selain Tuhan YME dan Andra and The Backbone. Foto Panorama pada Xiaomi Mi4i ini kualitasnya kurang bagus. Meski mayoritas juga seperti itu, namun seharusnya bisa lebih baik sih mengingat hasil dari fitur-fitur yang lainnya manteb gitu.

Foto Panorama

Foto Panorama

Kesimpulan

Jadi, bagi kamu yang suka foto-foto dan bersosial media, Xiaomi Mi4i ini menurut saya lebih dari cukup untuk asyik-asyikan. Wes to enak-enak! Nah, bagi kamu yang hobi main game, relatif sih ya.. Ada yang menyarankan ada yang tidak soalnya kelemahannya pada space yang terbatas yaitu 16GB — sekarang sudah rilis yang versi 32GB —. Namun saya pun memasang beberapa game sudah cukup juga dan masih sisa banyak ruang di penyimpanan. Tentang isu panas saat digunakan maen game pada awal kemunculannya, sudah dibenahi pada pembaruan MIUI terbaru.

Berikut ini saya lampirkan beberapa hasil kamera Xiaomi Mi4i tanpa diedit apapun kecuali hanya diresize dan dikasih teks. Kualitas foto saya turunkan menjadi 70% agar ukuran file-nya lebih kecil sehingga lebih ringan ditampilkan di sini.

 

 

Categories: Berbagi

Basa Jawa: Ibu lan Bapak » « Sayangi Perutmu, Jelajah Kuliner Jogja

36 Comments

  1. Ulasane apik, Sid.. Aku juga baru pakai Mi4i yang 16 GB. Tapi belum banyak mengeksplore fitur-fiturnya. Aku malah naksir kaosmu sing “kurang piknik” 😀

  2. nunggu Redmi Note 2.. 😀

  3. Aku pingin banget nyobain xiaomi, udab pernah beli yg redmi1s njuk diminta adek.
    Sekarang belum beli lagi, beliin donk. :)))

  4. Gan ane ada problem d mi4i ane. Pas bershin pke cleaner xiaomi ram ane yg tersedia cuma 1gb gan pdhl gg ada apkikasi yg btjlan. D cba restart pun sama aja.. Mhon bntuan gan klu ada yg tau problemnyaa..

  5. Ulasane apik kang bro, dulu pernah sempat berfikir mau beli Xiaomi ata Oppo, eh malah dapat gratisan andromax , gak jadi beli jadinya..saingan teknologi sekarang memang ketat ya…yang penting sama sama snapdragon kan :))

  6. sid sid, kira kira redmi note 2 bakal masuk ke nusantara kapan ya?
    hanya hugo bara yang tahu.

    aku juga pakai mi4i sejak sebelum puasa,.. kira kira 3 bulanan yak.
    dan hasil fotonya sudah menang lomba.. alhadulilah..

  7. Baru beli nih mi4i hasil fotonya kok ga ada di galery yaa piye iki :((

  8. Hasil rekaman video mi4i kurang memuaskan,jika di tmpat yg kurang cahaya video cenderung Hitam putih sprti hp cina pada umumnya…

  9. Hasil rekaman video mi4i bs diliat dmn ya? Sy bbrp kali nyoba rekam video di mi4i sy, tp hslnya kok gak sy temuin ya di galeri? Biasanya hp sy yg lain hsl rekaman bs diliat disitu filenya. Di folder file explorersy liat ada folder video, tp.kok kosong, hiksdgakda hsl rekamannya ya? Bs diinfo ttg ini? Mksh byk ya 🙂

  10. wah aku telat haha.. baru punya mi4i akhir tahun lalu tapi kok belum menemukan yang spesial ya di kameranya. haha low light pake pengatur kecerahan yang diputer2 itu (apasih namanya haha) malah noise. mungkin harus explore lagi. btw caranya setting mirror mode buat selfie itu gimana ya? 😀

  11. serinh muncul MI CLOUD pdahal kita sudah terdftar serta di masukin kagak bisa…mhon bantuannya b ro

  12. Hasil keren-keren juga ya mas… kirain semua buatan china itu jelek2, hehehe

    kalo menggunakan kamera sony saya yakin kalo hasilnya bagus,

  13. misi gan saya mau tanya ,kenapa camera depan mi4i saya tbtb noise parah ya padahal saya engga apapain cuma sering kali setiap foto kadang memainkan fitur yang di puter2 bikn cerah gitu dan sekarang sudah di puter2 malah noise paraaah kenapa ya gan? solusi ya gan makasih 😆😊

  14. Mass.malau pasang sim 1-2 ….masih lancar ga aplnya ??…tq

  15. Mass…kalau sim1-2 sama2 aktif….koneksi nya lancarr ga ??…mohon ulasannya…tq

  16. Mampir gan,, saya sudah menjajal hp Xiaomi mi 4i, hasilnya sangat memuaskan gan, dan kalo ane lagi hiking hp ane jadi rebutan temen2 ane gan. Hehehehe

  17. Xiaomi Mi4i ada pengaturan resolusi kamera ndak yo mas? Apa udah default 13mp. Soalnya ane cari gak ada pengaturannya?

    • Setiyo Mursid
      Setiyo Mursid

      07 Mar 2017 — 11:06 am

      Pengaturan kamera di Mi4i adalah untuk mengatur resolusi gambar ( 4:3, 16:9) dan kualitas gambar (low, standar, high). Kalau mau gambar dengan kualitas sedang dan ukuran file tidak terlalu besar barangkali bisa pilih pengaturan kualitas gambar standar.

Leave a Reply

Copyright © 2017 Setiyo Mursid

Theme by Anders NorenUp ↑

Pengalaman Menggunakan Kamera Xiaomi Mi4i

by Setiyo Mursid time to read: 3 min
36