Pengalaman Menggunakan Kamera Xiaomi Mi4i

Xiaomi Mi4i merupakan ponsel kelas menengah yang cukup mencuri perhatian di Indonesia. Dengan spesifikasi yang mantap dan harga yang lumayan terjangkau dibanding ponsel dengan spesifikasi sekelasnya, Xiaomi Mi4i menebarkan jala pemikat yang menggiurkan bagi penikmat gadget.

Pada tulisan kali ini saya tidak akan mengulas secara detail tentang spesifikasi ponsel Xiaomi Mi4i ini, saya hanya akan berbagi kesan tentang kameranya. Sebab sudah banyak sekali yang mengulas spesifikasi dan fitur-fiturnya di luar sana, salah satunya bisa kamu lihat ulasan Xiaomi Mi4i dari Matriphe atau dari DroidLime berikut. 

Setelah saya tergoda untuk membeli Xiaomi Mi4i, selama dua bulan memakai memang merasa sangat puas dengan performanya. Terlebih jika menggunakan kamera. Alhamdulillah tidak salah memilih karena ceritanya sehari sebelum membeli ponsel ini, awalnya pengen membeli Xiaomi Redmi 2. Namun setelah baca ulasan-ulasan dan video mbak cantik di atas, saya tergoda mbaknya untuk membeli Xiaomi Mi4i

Dibekali dengan kamera 13 megapiksel sensor generasi kedua dari SONY, 5 elemen lensa, bukaan f/2.0 dan dual-LED flash membuat foto yang dihasilkan cukup menjanjikan. Bening bro! Kamera Xiaomi Mi4i menyediakan mode foto manual dengan ISO 3200, fokus tak terhingga, kecepatan 2 detik, dan pengaturan white balance.

Screenshot_2015-08-26-15-32-54 (1)Selain mode manual, ponsel ini juga dibekali dengan fitur panorama, beautify dan timer buat yang suka selfie, HHT dan refocus. Nah, yang menarik adalah fitur refocus. Fitur ini memungkinkan kita untuk mengubah fokus saat foto sudah selesai di-jepret. Foto yang sudah ada di galeri bisa kita ubah fokus sesukanya. *Pada dasarnya sebenarnya fitur ini membuat 4 jenis foto dalam fokus yang berbeda kemudian disatukan dengan fitur ibuild yang ditanamkan di kamera.

Oiya, bagi yang suka selfie bareng teman-teman, jangan khawatir temanmu gak masuk frame karena Xiaomi Mi4i memiliki lebar lensa 80 derajat.

Flash

Dual-LED flash yang disematkan bersanding dengan kamera ini bukan flash biasa, ia akan secara otomatis mengukur temperatur warna dan seberapa kuat cahaya putih dan kuning (Cold & Warm color) yang dihasilkan, jadi akan membuat foto akan tampak natural meski memakai flash. Foto di dalam ruangan atau dalam keadaan minim cahaya tak perlu khawatir lagi. Tanpa flash pun udah cerah apalagi dengan flash.

Shutter Speed

Kecepatan klik alias shutter speed-nya bro, cepet! Menyenangkan ketika saya yang lebih banyak menggunakan ponsel untuk foto-foto dan bersosial media.  Shutter speed akan sedikit menurun ketika menggunakan fitur foto HDR.

Fitur Foto HDR

Pada ponsel Xiaomi Mi4i ini, pada mode foto otomatis, terdapat 3 jenis mode HDR yaitu mode foto HDR off (tanpa HDR), HDR Live (agak HDR), HDR Pro (HDR bro!). Menariknya, misalkan kita memfoto dengan mode HDR, kita tetap mendapatkan foto yang lebih natural, tidak lebay seperti HDR yang kebangetan HDR-nya gitu.

Fitur foto HDR.

Fitur foto HDR. Kondisi penerangan sangat kurang.

Filter Foto

Xiaomi mempunyai 12 filter foto standar yang mereka sematkan dalam semua ponsel mereka. Mono, Vivid, Yesteryear, Fish Eye, Mosaic, Dawn, 1970s, Japanese, Autumn, Indigo, Normal, dan Mirror.

Video

Xiaomi Mi4i sudah dibekali dengan perekam video Full-HD 1080p 30fps. Bisa bikin rekaman video HDR, Timelapse dan Slow Motion.

Kekurangan

Tidak ada yang sempurna selain Tuhan YME dan Andra and The Backbone. Foto Panorama pada Xiaomi Mi4i ini kualitasnya kurang bagus. Meski mayoritas juga seperti itu, namun seharusnya bisa lebih baik sih mengingat hasil dari fitur-fitur yang lainnya manteb gitu.

Foto Panorama

Foto Panorama

Kesimpulan

Jadi, bagi kamu yang suka foto-foto dan bersosial media, Xiaomi Mi4i ini menurut saya lebih dari cukup untuk asyik-asyikan. Wes to enak-enak! Nah, bagi kamu yang hobi main game, relatif sih ya.. Ada yang menyarankan ada yang tidak soalnya kelemahannya pada space yang terbatas yaitu 16GB — sekarang sudah rilis yang versi 32GB —. Namun saya pun memasang beberapa game sudah cukup juga dan masih sisa banyak ruang di penyimpanan. Tentang isu panas saat digunakan maen game pada awal kemunculannya, sudah dibenahi pada pembaruan MIUI terbaru.

Berikut ini saya lampirkan beberapa hasil kamera Xiaomi Mi4i tanpa diedit apapun kecuali hanya diresize dan dikasih teks. Kualitas foto saya turunkan menjadi 70% agar ukuran file-nya lebih kecil sehingga lebih ringan ditampilkan di sini.