Pengalaman Mencari Dokter Kandungan di Jogja

Cerita pengalaman tentang memilih dokter kandungan biasanya ditulis oleh ibu-ibu hamil, tetapi karena saya juga ikut mendampingi dan mendapatkan pengalamannya, maka bolehlah ikut membagikan. Dokter kandungan di Jogja.

Mencari dokter spesialis kandungan untuk memantau perkembangan janin di Jogja ada banyak pilihan. Paling tidak seperti itulah yang kubaca pada blog dan forum yang lebih dulu membagikan ceritanya. Mulai dari dokter di Klinik Sadewa Seturan, dokter di Jalan Solo (lupa namanya), Dokter di Klinik Sultan Agung, Dokter di RSB Rachmi, dll.

Pada kehamilan anak pertama ini, kami memutuskan ingin mencoba berkonsultasi ke dokter Muzayanah di sebuah klinik di Jalan Sultan Agung, Yogyakarta. Banyak orang bilang bahwa dokter Muzayanah merupakan salah satu dokter yang bagus untuk tempat berkonsultasi kehamilan. Namun karena kurang beruntung, dua kali ke sana dokter Muzayanah berhalangan hadir dan diganti oleh dokter yang lain. Selanjutnya daripada kami ke situ lagi dan tidak bertemu dokter Muzayanah untuk ketiga kalinya, kami pun memutuskan mencoba yang lain. Bukan karena dokter penggantinya tersebut tidak bagus, tapi kami ingin mencoba pengalaman lain.

Periksa kehamilan ke RSB Rachmi

Lantas, pada pemeriksaan kehamilan ketiga, saya dan istri berencana mencoba ke RSB Rachmi di Jalan Wachid Hasyim (timur Parkir Ngabean). Konon, di RSB Rachmi ini juga terdapat dokter spesialis kandungan yang dikenal bagus.

Istri saya yang kebetulan bekerja tak jauh dari RSB Rachmi terlebih dahulu ke sana pada hari sebelumnya untuk mendaftar dan mencari informasi. Infonya, bahwa di sana terdapat tiga dokter yang buka praktik konsultasi kehamilan. Dokter Irwan, dokter Irfan, dan dokter Sulkhan. Ketiganya merupakan keluarga dan pemilik RSB Rachmi tersebut.

Akhirnya kami memesan jadwal konsultasi hari selasa bersama dokter Irwan. Untuk periksa dan konsultasi dengan dokter di RSB Rachmi ini, kami harus menelepon dahulu 3-4 hari sebelumnya untuk mendapatkan nomor antrian. Jika kami ingin periksa hari selasa, maka sabtu pagi jam 7 sudah harus menelepon. Semakin pagi nomor antrian semakin awal. Biasanya telepon dilayani mulai jam 7 pagi.

Sampailah pada hari selasa, jam 19:00 WIB kami telah sampai di RSB Rachmi untuk memeriksakan kondisi kehamilan istri. Cek ricek dengan USG dan dijelaskan banyak hal oleh dokter Irwan. Setelah selesai periksa, sambil menyantap Bakmi Doring Suryowijayan yang aduhai rasanya itu, kami sepakat berkata bahwa “Ini dia dokter yang kita cari, pelayanannya bagus, penjelasannya detail, orangnya ramah, dan peralatannya canggih“. Kemudian untuk pemeriksaan kehamilan selanjutnya sampai usia 37 minggu kami selalu dengan dokter Irwan. Sudah cocok banget pokokmen!.

Pada saat kami ingin periksa kehamilan usia 39 minggu, dokter Irwan berhalangan hadir dan kami mencoba dengan dokter Sulkhan (bapaknya dokter Irwan) yang sudah sepuh. Kemudian pada usia kehamilan 40 minggu dokter Irwan pun masih berhalangan hadir, akhirnya kami mencoba dokter Irfan (adiknya dokter Irwan). Nah, dokter Irfan ini tak kalah bagusnya, pelayanannya manteb, penjelasannya juga detail, dan ramah. Sebelas dua belas dengan dokter Irwan. Jika boleh sedikit merekomendasikan, periksa kehamilan ke RSB Rachmi dengan dokter Irwan dan dokter Irfan ini layak dicoba sekaligus layak dipuji.

Setiap kunjungan periksa dikenakan biaya 170 ribu rupiah dan mendapat satu versi cetak USG 3 dimensi. Pada saat pemeriksaan sesekali diperlihatkan kondisi bayi dalam mode 4 dimensi. Saya biasanya periksa sebulan sekali, dan sesekali diselingi periksa ke Puskesmas karena untuk mendapat buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) warna pink juga harus ke Puskesmas, kan? Baru mulai usia 38 minggu kami disarankan untuk periksa per dua minggu sekali.

dokter kandungan di Jogja
Beberapa foto hasil cetak USG 4 dimensi di RSB Rachmi

Pada usia kehamilan 36 minggu kami mencoba untuk USG 4 dimensi untuk melihat wajah calon anak kami agar lebih detail dengan biaya 420 ribu. Pada USG 4 dimensi ini kami diberi sekitar 6 lembar versi cetak hasil USG 4D dan CD yang berisi soft file foto dan video.

Intinya, periksa kehamilan di RSB Rachmi dengan harga segitu menurut saya sebanding dengan pelayanannya yang prima. Good job!

Front end Designer & Web Developer, (katanya sih) Blogger, Milo Dinosaurus Lover, fans Real Madrid dan penyuka angka tujuh.

4 comments On Pengalaman Mencari Dokter Kandungan di Jogja

Leave a Reply

Site Footer

Pengalaman Mencari Dokter Kandungan di Jogja

by Setiyo Mursid time to read: 3 min
4