Curhat: Soal Kuliahku

Setelah bertapa merenung beberapa hari ini. Memang benar sekali akhir-akhir ini aku kelihatan rada murung gitu. Kurang konsentrasi, bahkan di jalan saja aku kurang waspada. Disini aku mau tumpahin semua yang menjadi beban berat pikiranku biar semuanya terasa lega. Ini menyangkut masalah kuliahku.

Aku makin hari semakin khawatir saja dengan kuliahku. Aku sudah kuliah hampir 2 tahun di IT UNS. Ya setelah menjalani semua itu, aku pengen flashback aja, ngereview seberapa jauh aku menerima materi kuliah yang telah diberikan. Buat orang seperti aku, bisa menguasai 25% saja sudah keren banget. Padahal sudah banyak mataKuliah yang diajarkan. Kira2 persentase yang aku dapat:

Pascal 60%, Matematika Dasar <10%,Agama islam 80%, Operating System 40%, delphi 50%, Web desain 90%, java 30%, Komputasi Matematika 50%, SPSS 50%, Flash Animasi 80%, database 60%, dll.!

Nah, kayaknya dilihat memang persentase yang buruk, secara persentase rata2 di bawah normal. Aku makin hari makin sadar betapa berat tanggung jawab yang kudu aku pikul demi hidupku nantinya. Di dalam hidupku ini aku tidak menginginkan yang aneh-aneh, cita-citaku juga cuman satu aja. Keinginan yang paling dalam dari hati. Suatu saat nanti aku cuman pengen dengar orang tuaku berkata : “Aku bangga padamu,Nak!”. CUMAN ITU!! Tidak terbayang kan betapa beratnya orang tua membiayai sekolah anaknya. Aku tidak mau semua itu tidak ada hasilnya. Aku harus bisa membahagiakan orang tua dengan hasil belajar yang aku dapatkan serta dukungan beliau yang sangat besar. Kalo cita-cita buat ke surga gimana?? wah, berat euy secara aku mungkin tak pantas disana, sholat lumayan baik, tapi apa khusyu’? Insya Allah, hehehehe…

Ini aku sedang berada di bulan februari akhir. Itu berarti 4 bulan lagi aku harus ketemu sama Kegiatan Magang Mahasiswa (KMM). Memangnya aku punya skill?? wah punya gak yaa…au ah gelap! apa magang cuman sekadar syarat?? enggak mau!! Aku pengen semua itu berarti..Dari hasil semester yang kemaren2 aku cukup senang dengan hasil IPK yang terus meningkat. Tapi itu belum membuat aku puas, aku pengen lebih dari itu. Mungkin orang lain boleh bangga dengan IPK yang tinggi, tapi apa itu bener-bener murni kemampuan yang dimiliki?? aku gak yakin. Walaupun ada juga yang benar-benar mampu akan hal itu.

Planning rada jauhan dikit. 1 Tahun lagi aku sudah lulus kuliah D3 TI UNS, Ya kalo semua lancar. Semoga tidak ada halangan yang membuat kuliahku diperpanjang. Terus aku bingung, aku pengen kuliah S1 atau kerja?
Aku sendiri juga bingung. Dasar Mursid!

Comments

  1. hmmm….
    keknya itu emang udah jadi masalah klasik buwat para mahasiswa yang akhirnya tersadar.
    karena jujur aja,, diriku yaa sering ngerasa begitu..
    tapi kita tetep harus bersyukur, karena Allah masih memberi kita kesempatan agar kita bisa menyadari kesalahan yang telah kita perbuat, dan Dia mengingatkan kita, agar kita bisa berubah! (gak cuma power ranger yg bisa berubah).. SEMANGAT!! (gym)

  2. fahmarahman says:

    Semangat sid,, kamu bisaa . .

    mendingan kuliah sek wae . .

  3. indra96 says:

    Wah itu sudah aku pikirkan sejak aku masuk di D3 ILKOM ini bung….

    aku sendiri juga masih ragu dengan kemampuanku ini wahhh gmana bisa nggak ya aku besog di bisa menjadi kebanggan orang tua yak????

    nah oleh sebab itu mari kita lebih bersungguj-sunguh dalam mengemban tugas kuliah inidengan baik…!!

  4. Dony Alfan says:

    Langsung nyambut gawe ae, kakak kelasmu wes akeh sing sukses kae.
    Selamat berkarya!

  5. aRit says:

    Setuju denganmu. . .

    Mungkin orang lain boleh bangga dengan IPK yang tinggi, tapi apa itu bener-bener murni kemampuan yang dimiliki?? aku gak yakin. Walaupun ada juga yang benar-benar mampu akan hal itu.

    IPK memang tak selamny menggambarkan kemampuan seseorang. . .tergantung dari proses orang itu mendapatkan IPK. . .

    yang penting. . .niat dan semangat. . .belajar juga jangan lupa loh. ..
    niat dibarengi semangat saja tak cukup tanpa belajar. . .

    (goodluck)

  6. bias says:

    kerjo sik lagi kuliah meneh

    wokkey boss

  7. Tiyoe says:

    Sabar Syid…
    Aku juga pernah punya cerita pengin dilem ibuke..
    tapi dowo kih. *mrengut*
    tiyoe.wordpress.com/about/cerita-persahabatan-kami/
    ngasi ngomong SEO meneh titenono.

    Jolali nyampah neng blogku yo

  8. Ndox says:

    Tenang aja bro. Ilmu yang dinamis itu terkadang tidak disadari kehadirannya. Walopun rasanya tidak tau, pasti kamu bisa mengerjakan hal yang berkaitan dengannya. Yang penting pola pikir udah terbentuk.

    “Ilmu yang dinamis itu terkadang tidak disadari kehadirannya”

    kata2ne mas handoko sing iki mengena banget. thanks banget mas

  9. hawa says:

    Sebelumnya salam kenal ya …
    Sebagai orang yg lebih tua dan sdh punya pengalaman kerja aku memberi sedikit masukan :
    1. Jika kamu setelah lulus ingin bekerja :
    IPK harus bagus, karena itu bisa memberi nilai lebih dlm mencari kerja
    Kenali dirimu sendiri, kira2 km lebih menguasai bidang apa dlm TI (programer, multimedia, perakitan, web desain … dll )
    Setelah itu, km asah kemampuanmu yg paling menonjol itu mulai dari sekarang, lebih banyak latihan dan praktekka.
    Satu hal yg penting, perbanyak kenalan yg mempunyai keahlian yg sama dg yg km miliki, hal ini sangat penting sebagai relasi bila nanti km sudah terjun di dunia kerja, jadi akan sangat berguna sekali.
    Setelah itu tentukan arah kerja kamu sesuai dengan keahlian km, hal ini penting karena bila salah … km bisa kerja di suatu tempat yg salah dan justru membuat ilmu dan keahlianmu mubadzir … (sangat menyedihkan bila hal ini sampai terjadi)

    2. Jika ingin melanjutkan kuliah ke jenjang yg lebih tinggi lagi :
    Jangan berhenti belajar dari sekarang, asah kemampuan dan keahlianmu yg paling menonjol dan tingkatkan lagi di jenjang kuliah lanjutan nanti.
    Saranku … mending ambil transfer ke S1 karena lebih efektif. Selain itu tentukan kira2 tempat kuliah yg bagus dan kira2 memberikan prospek cerah kedepannya (paling gak koneksi bisa lancar).

    Aku rasa demikian itu yg menurutku penting. Yaa sesuai dengan yg pernah aku alami, terkadang dunia kerja tidak selalu seperti yg kita bayangkan dan harapkan. Kedepannya km akan tetap bekerja juga … jadi harus optimis dan siap bersaing dengan siapa pun juga secara fear.

    Semoga berhasil …

    -hawa-

    Bener2 tips yang sangat bermanfaat nih, salam kenal

  10. Karebet says:

    kerjo dulu buat nyari ilmu

    Siiipp dahh

  11. hamka says:

    membanggakan orang tua itu niat mulia. Mau bagaimana lagi? kuliah ini adalah titik akhir tanggung jawab orang tua mendidik anaknya, abis itu lepas tanggungan orang tua (kurang nikahke 🙂 ) .
    Kalo aku, apapun kegiatanku , nyambi, magang, yang penting kuliah tetep nomor satu, ya karna niat itu tadi 🙂
    sukses …

    ini dia temen’e inas datang, merekalah yang mengajarkanku pertama kali pascal sama flash di SMA dalam team DZR

  12. ariefz45 says:

    Sama Q juga lagi males banget sid…..
    semangat aja yah….

    Loe aja kali, gw nggak, (Kata2ne Ruben onsu).haha

  13. DIAJENG says:

    Diajeng datang brkunjung 🙂

  14. DIAJENG says:

    Semangat aja,belajar itu memang kadang mood kadang ndak..jd nikmati aja yah 🙂 jangan patah smangat ayo dunx bangkit 🙂

    Makasih mbak nasehatnya

  15. DIAJENG says:

    Semoga harimu menyenangkan yah..jangan lupa diajeng daftar jd member bengawan.org.tks yah 🙂

    Makasih maharani, udah tak invite di Milis bengawan tuh..

  16. Kene seng sak angkatan lanang dewe wae, nyante koq… .

  17. Diriku suruh nyampah dimana…

    tak ecer2 sini yo…

    nih sampahnya…

    *plastik plendungan*
    *permen karet*—>awas keinjek sid
    *bungkus arem2*
    *kulit pisang*
    *paku payung—->awas keijek lagi sid
    *uang 50rebu*—->eh eh eh, tak ambil lagi, gak jadi.
    *”eh dek, kamu buang apa?” *
    *”buang pipis mas… *
    *’eh jangan disitu, ituh pagar rumahnya mas mursid…*
    *doh*

    Pancaall tiyoe

  18. lady says:

    enakan 2-2nya, kulian sambil kerja, dapat uang dobel, dari ortu dan gaji kerja

    gmn? hehe

  19. joko hn says:

    mas, terima kasih sudah berkunjung di blog-ku, blog-e tiang cubluk http://www.tumetesingkabar.wordpress.com

    Saklajengipun urun rembuk. aku juga alumni kampus kentingan. waktu aku kuliah, kegundahan kayak sampean ya tak rasakan. itu adalah tahapan pendewasaan pada tataran yang dinamakan kuliah. Dari kegundahan itu sampean pasti menemukan yang sampean cari. pokoknya kalau sudah ketemu heemmm pasti asyik…

    Soal IPK ? banyak yang IPKnya tinggi and nganggur. tapi kalau IPK tinggi atau pas-pasan dan aktif diberbagai kegiatan ekstra kampus, pasti akan diperhitungkan…so nikmati aja itu namanya kuliah.

    E…kok ndabrus terus…jane kula bade pesen artikel solopos sing ngulas bab blog jawa. soale kula rak manggon teng suroboyo, lha wau versi cetake wonten internet mboten saged dibukak. suwun nggih mas. yen enten nyuwun tulung dipun kirim wonten e-mail lagiwae1@yahoo.com.

  20. iks says:

    Kalo diliat prosentasenya kayanya sangat berbakat di web desain yahhh 😀

    salam kenal mas mursid !!

    apa iya??hehe,salam kenal juga

  21. LiputanOne says:

    dik mursyid, kakak paham apa yang menjadi kegundahan kamu.halah.
    ra ana salahe meh kerjo po neruske kuliah. tapi yen wis kenal “duit”, biasane trus males meh kuliah meneh. soale uwong iso ngopeni awake dewe ki wis kebanggaan tersendiri jew. jadi hanya kamu sendiri yang mampu melihat potensimu

  22. anonim says:

    saya salah satu adik tingkat anda angkatan 2010 .., sedikit curhat jg kemarin smester 2 saya d’kejutkan dgn nilai salah satu mata kuliah yg saya anggap aya bisa dpat nilai B> tp alangkah kaget nya di KHS saya cm dpt nilai D , d’situ saya down banget … mau ngapa”in males .., yg saya sayangkan dr mata kuliah itu adalah dosen nya … mengapa ? dosen matkul satu ne kalau ngajar selalu 1 pertemuan sblum ujian saja , saya n tmen” jg bingung dgn satu dosen ne … udah ngjar gitu, ngasih nilai nya jg peliittttt banget n satu lage kalu emg mahasiswa nya nilai ujian banyak yg kurang mbok ea d’kasih remed [remidi], la ne tidak sama sekali … kalau mau memperbaiki nilai jg gak bisa karena dy kluarin nilai akhir tu dh waktu nya stangah dr liburan …
    pasti nya otak” mahasiswa nya dh pada blong tu materi nya ..,

    semoga ne jd pembelajaran bagi saya n semua nya … amien , maap eaa gan jd curhat .. hehe

Leave a Reply