Setiyo Mursid

Pengalaman Berbelanja di BukaLapak.com

Pertama kalinya saya mencoba untuk berbelanja di situs jual beli online BukaLapak.com. Sekadar untuk mencari casing handphone saya yang sudah terhitung lawas, sehingga hanya di toko-toko tertentu yang masih menyediakan. Kebetulan ketika saya mencari di BukaLapak ini tersedia barangnya. Lantas saya pun melakukan pemesanan. Kesan dan pengalaman berbelanja di BukaLapak ini sangat positif. Ada beberapa poin yang saya dapatkan.

Kemudahan Transaksi

BukaLapak memberikan kemudahan bagi pembeli dalam hal pencarian barang kemudian melakukan transaksi dengan langkah yang singkat dan jelas. Sebagai pengalaman pertama atau pengguna awam dan awal di situs BukaLapak ini, saya tidak merasa bingung harus bagaimana untuk melakukan pembelian barang. Langkah demi langkah diatur sedemikian rupa, baik dari saat memasukkan ke keranjang belanja, melakukan pembayaran yang tersedia dalam beberapa pilihan, pilihan ekspedisi pengiriman, sampai nomor resi dan status pengiriman bisa kita dapatkan informasinya dalam satu tempat.

Keamanan

Dari sisi keamanan, menurut pendapat pribadi saya ini sangat bagus. Menggunakan sistem rekber — begitu orang lebih lazim menyebutnya — yang membuat kita tidak perlu khawatir dengan modus penipuan. Karena saat melakukan pembayaran, kita mengirim uang ke rekening temporary BukaLapak, selanjutnya penjual akan diberi notifikasi tentang pemesanan barang dan diwajibkan segera mengirim selambat-lambatnya 4×24 jam. Setelah barang diterima pembeli, pembeli diwajibkan melakukan konfirmasi penerimaan barang dan feedback, baru kemudian uang pembayaran bisa dicairkan oleh penjual dari BukaLapak. Bagaimana jika lebih dari 4×24 jam barang belum dikirim oleh penjual? Uang kita akan masuk ke BukaDompet alias deposito di situs BukaLapak untuk kemudian bisa digunakan berbelanja barang lainnya atau bisa juga dicairkan kembali ke rekening bank.

— Kemudahan transaksi di BukaLapak.com

— Kemudahan transaksi di BukaLapak.com

Desain Tampilan Antar Muka

Bagaimanapun tampilan antar muka sebagai tempat interaksi pokok antara pengguna dengan penyedia layanan adalah kunci.  Tampilan yang segar, pemilihan font yang menyenangkan, desain yang bersih membuat nyaman untuk berlama-lama berselancar dari toko satu ke toko lainnya. Saya pribadi adalah penyuka desain yang bersih, jauh dari kesan kusam, permainan tipografi dan pemilihan warna yang berani dan tegas. Abu-abu dan putih sebagai dasar warna jika dipadukan dengan warna apa saja akan ciamik dan terlihat bersih.

Lain-Lain

Oiya, di BukaLapak ini pilihan jasa pengirimannya ada dua, yakni Pos Kilat Khusus dan JNE Reguler. Saya yang belum pernah sekalipun menggunakan Pos Indonesia, penasaran ingin mencobanya. Karena dalam pilihan tersebut tertera bahwa jika menggunakan Pos Indonesia saya hanya mengeluarkan ongkos kirim sebesar Rp. 7.000 dengan estimasi pengiriman 3 hari kerja, jika saya menggunakan JNE Reguler Rp. 25.000 dengan estimasi pengiriman 5 hari kerja. Wah, bisa nih nyobain Pos Indonesia yang lebih murah dan lebih cepat. Ternyata benar, 3 hari sudah sampai. Pengalaman baru! 😀

Jadi begitulah pengalaman berbelanja saya di BukaLapak, pengen mencoba? Monggo.. Tulisan ini bukan paid review, hanya sekadar berbagi pengalaman.

 

Categories: Berbagi

Sayangi Perutmu, Jelajah Kuliner Jogja » « Untuk Perempuanku

24 Comments

  1. Menarik, bisa dijadikan alternatif olshop yang ga spamming macam L****a dan bisa milih logistiknya pula.

    • Setiyo Mursid
      Setiyo Mursid

      13 May 2015 — 2:45 pm

      Aku belanja di Lazada baru sekali, di OLX berkali-kali, di Kaskus beberapa kali. Lumayan buat komparasi pengalaman dengan masing-masing penyedia layanan.

  2. Kurir sebenarnya ada 5, tinggal si penjual mau aktifkan yang mana. 3 kurir lainnya Tiki, RPX & Wahana

    Thanks Reviewnya om Mursid 🙂

    • Setiyo Mursid
      Setiyo Mursid

      14 May 2015 — 7:13 am

      oh ternyata pilihan jasa pengirimannya ada lima ya, mas.. berarti kurir yang tersedia pada masing-masing produk adalah yang kiranya mampu dilakukan penjual untuk mengirimkan barang ya.

      Nuwun infonya, mas Iyan. 🙂

  3. ini CEO nya orang klaten lho mas..head marketinggnya kemaren habis ngisi seminar di kampus kami 🙂 , emang buka lapak lebih aman dibanding yang lain. dan komunitas serta forumnya udah mulai menjamur..piye kabare mas mursid? skg dimana nih

  4. Bukalapak maju sangat pesat sekali bahkan tokopedia dan lazada sudah kalah dalam peringkat kunjungan visitor , tetapi saya belum pernah nyoba belanja disana, biasanya di lazada yang sudah jadi langgananan tetap.

  5. Saya , jga baru pertama kali belanja di bukalapak .. Tetapi saya agak ragu dengan cream” yg merk nya sama tapi harga”nya sangat jauh berbeda itu yg membuat saya khawatir mau beli .

    • Setiyo Mursid
      Setiyo Mursid

      08 Oct 2015 — 9:57 am

      di toko online manapun, kita tetep kudu teliti dan jeli memilih produk, mbak..
      Untuk keamanan transaksi, bukalapak terbaik! *berdasarkan pengalaman, bukan promosi lho ini* 😀

  6. Anindra jenar LJ

    15 Jul 2016 — 8:37 am

    Gan nanti barangnya dianter sampai rumah atau gimana?

    • Setiyo Mursid
      Setiyo Mursid

      18 Jul 2016 — 2:58 pm

      dikirim ke alamat tujuan pengiriman, jika itu alamat rumah ya diantar ke rumah.

      • gan saya beli handphone di buka lapak aman kan ?
        terus brapa hari biasa nya sampe nya?

        • Setiyo Mursid
          Setiyo Mursid

          09 Aug 2016 — 11:34 am

          Insya Allah aman, karena duitnya masuk ke BukaLapak dulu sebelum diteruskan ke seller. Untuk berapa lama sampainya tergantung dikirim kapan dan ekspedisi pengirimannya.

  7. Saya kemaren beli barang tapi saya mentransfer uang dengan jumlah yang lebih dari seharusnya, jadi transaksi saya tidak masuk, itu gimana caranya ya ???

    • Setiyo Mursid
      Setiyo Mursid

      09 Aug 2016 — 11:33 am

      pada waktu transaksi kan dicantumkan berapa jumlah yang harus dibayarkan, jika tidak sesuai nominal tersebut entah lebih atau kurang ya pasti akan bermasalah, jika sesuai maka sistem akan otomatis mendeteksi pembayaran. Jadi untuk membetulkan, silahkan kontak customer service BukaLapak agar segera ditindaklanjuti.

  8. wah masih aktif nge blog aja ni om..
    pripun kabare?

  9. Hi ka, Mau tanya dong recently saya beli beberapa barang di Buka Lapak terus di email saya udah ada konfirmasi untuk barang2 yang saya beli saya juga sudah cek di JNE untuk resi yang dikirimkan tapi ada satu barang yang sampe sekarang belum dikasih resinya, itu gmn ya? padahal ordernya barengan. Please advicenya ya 🙂 salam kenal

    • Setiyo Mursid
      Setiyo Mursid

      27 Oct 2016 — 12:33 pm

      maaf terlambat membalas, langsung dijapri saja penjualnya pakai fitur chat. Jika belum terselesaikan bisa langsung minta tolong CS Bukalapak untuk dibantu menyelesaikan.

  10. Saya beli hp di buka lapak, bilangnya BARU setelah dibuka, di gallery masih ada foto orang yang dulunya pakai. Gimana itu gan? Volumenya juga kecil gak bisa keras pdhl udah max volume

Leave a Reply

Copyright © 2017 Setiyo Mursid

Theme by Anders NorenUp ↑

Pengalaman Berbelanja di BukaLapak.com

by Setiyo Mursid time to read: 2 min
24