Setiyo Mursid

seluangnya dan seingatnya, update tergantung mood.

Menu Close

Pengalaman Berbelanja di BukaLapak.com

Pertama kalinya saya mencoba untuk berbelanja di situs jual beli online BukaLapak.com. Sekadar untuk mencari casing handphone saya yang sudah terhitung lawas, sehingga hanya di toko-toko tertentu yang masih menyediakan. Kebetulan ketika saya mencari di BukaLapak ini tersedia barangnya. Lantas saya pun melakukan pemesanan. Kesan dan pengalaman berbelanja di BukaLapak ini sangat positif. Ada beberapa poin yang saya dapatkan.

Kemudahan Transaksi

BukaLapak memberikan kemudahan bagi pembeli dalam hal pencarian barang kemudian melakukan transaksi dengan langkah yang singkat dan jelas. Sebagai pengalaman pertama atau pengguna awam dan awal di situs BukaLapak ini, saya tidak merasa bingung harus bagaimana untuk melakukan pembelian barang. Langkah demi langkah diatur sedemikian rupa, baik dari saat memasukkan ke keranjang belanja, melakukan pembayaran yang tersedia dalam beberapa pilihan, pilihan ekspedisi pengiriman, sampai nomor resi dan status pengiriman bisa kita dapatkan informasinya dalam satu tempat.

Keamanan

Dari sisi keamanan, menurut pendapat pribadi saya ini sangat bagus. Menggunakan sistem rekber — begitu orang lebih lazim menyebutnya — yang membuat kita tidak perlu khawatir dengan modus penipuan. Karena saat melakukan pembayaran, kita mengirim uang ke rekening temporary BukaLapak, selanjutnya penjual akan diberi notifikasi tentang pemesanan barang dan diwajibkan segera mengirim selambat-lambatnya 4×24 jam. Setelah barang diterima pembeli, pembeli diwajibkan melakukan konfirmasi penerimaan barang dan feedback, baru kemudian uang pembayaran bisa dicairkan oleh penjual dari BukaLapak. Bagaimana jika lebih dari 4×24 jam barang belum dikirim oleh penjual? Uang kita akan masuk ke BukaDompet alias deposito di situs BukaLapak untuk kemudian bisa digunakan berbelanja barang lainnya atau bisa juga dicairkan kembali ke rekening bank.

— Kemudahan transaksi di BukaLapak.com

— Kemudahan transaksi di BukaLapak.com

Desain Tampilan Antar Muka

Bagaimanapun tampilan antar muka sebagai tempat interaksi pokok antara pengguna dengan penyedia layanan adalah kunci.  Tampilan yang segar, pemilihan font yang menyenangkan, desain yang bersih membuat nyaman untuk berlama-lama berselancar dari toko satu ke toko lainnya. Saya pribadi adalah penyuka desain yang bersih, jauh dari kesan kusam, permainan tipografi dan pemilihan warna yang berani dan tegas. Abu-abu dan putih sebagai dasar warna jika dipadukan dengan warna apa saja akan ciamik dan terlihat bersih.

Lain-Lain

Oiya, di BukaLapak ini pilihan jasa pengirimannya ada dua, yakni Pos Kilat Khusus dan JNE Reguler. Saya yang belum pernah sekalipun menggunakan Pos Indonesia, penasaran ingin mencobanya. Karena dalam pilihan tersebut tertera bahwa jika menggunakan Pos Indonesia saya hanya mengeluarkan ongkos kirim sebesar Rp. 7.000 dengan estimasi pengiriman 3 hari kerja, jika saya menggunakan JNE Reguler Rp. 25.000 dengan estimasi pengiriman 5 hari kerja. Wah, bisa nih nyobain Pos Indonesia yang lebih murah dan lebih cepat. Ternyata benar, 3 hari sudah sampai. Pengalaman baru! 😀

Jadi begitulah pengalaman berbelanja saya di BukaLapak, pengen mencoba? Monggo.. Tulisan ini bukan paid review, hanya sekadar berbagi pengalaman.

 

© 2017 Setiyo Mursid. All rights reserved.

Theme by Anders Norén.

Pengalaman Berbelanja di BukaLapak.com

by Setiyo Mursid time to read: 2 min
24