Cerita Tentang Menjadi Admin di Twitter

Menjadi admin akun twitter, entah menjadi profesi atau sekadar hobi tergantung person masing-masing yang menjalani. Berhubung saya kebetulan juga ‘sok-sokan‘  mengelola beberapa akun twitter. Maka, dalam tulisan kali ini saya akan sedikit berbagi dan bercerita enak dan tidaknya menjadi admin akun twitter.

Selain akun pribadi di @mursid88, saya mengelola akun informasi salah satu kota di Jawa Tengah, akun komunitas Bengawan, serta beberapa akun twitter iseng lainnya. Dalam hal ini saya akan tulis pendapat dan pengalaman saya menjadi admin akun informasi kota.

Menjadi admin itu kadang asik, kadang geregetan, kadang santai, kadang serius, dan kadang-kadang nyepik. *ups*. Asiknya adalah ketika tahu bahwa informasi tweet yang kita sampaikan bisa bermanfaat bagi penyimaknya. Geregetan kalau ketemu sama penyimak yang malas (akan saya jelaskan nanti). Santai, serius dan kadang dibumbui dengan sepikan itu tergantung masalah hati kalau kata si Sofyanr.

add new tweet

panel new tweet di tweetdeck

Efek Positif

  1. Informasi yang disampaikan lebih up to date dan bersifat real time. Dengan twitter orang akan lebih cepat tahu apa saja yang terjadi di kotanya dari mana saja dan kapan saja.
  2. Saling berbagi dan bercerita tentang apa saja yang ada di kotanya,baik sejarah, kuliner, budaya, wisata dan informasi umum lainnya.
  3. Kita jadi tahu sesuatu yang belum pernah kita ketahui di kota tersebut lewat cerita yang dibagikan followers. Karen admin juga manusia pastinya.

Efek Negatif

Beberapa penyimak jadi manja dan malas. Dikit-dikit tanya padahal kalau mau berusaha dikit saja pasti sudah dapat jawabannya. Misalnya googling atau langsung survey lokasi. Yang paling bikin gregetan itu ketika ada pertanyaan :

  1. “Min, daerah sekitar rumahku nanti sore hujan gak ya?”, lha mbok kira admin kuwi pawang udan?  ( kamu kira admin itu pawang hujan? )  -__-“.
  2. “Min, cari tempat camping di Solo yang bisa buat kegiatan memancing dan deket pantai di mana ya?”, Yassalaaaam, di Solo cari pantai? Anak wedangan mana loe? hahaha..
  3. “Min, kalau mau cari kost di belakang kampus itu di mana aja ya?”, sebenarnya ini bertanya dan dijawab sendiri. Karena di belakang kampus itu adalah wilayah yang dipenuhi kost-kost’an. Demikian.

Fakta tentang Followers

  1. Followers itu paling suka twitnya di-retweet, bahkan sebagian merasa bangga dan seneng banget.
  2. Followers itu suka disapa untuk sekadar selingan dari tweet yang berisi informasi.
  3. Followers sudah cerdas. Mereka bisa membedakan mana akun yang bermanfaat, mana akun yang cuman jualan, mana akun yang kurang valid rekomendasinya, dan mana akun yang pantas dan rekomendid untuk diikuti.
  4. Followers tetep banyak yang mensyen dengan kalimat “follback eaa kakaaaak..”
  5. Banyak followers yang avatarnya cantik tapi twitnya galau dan mengeluh terus.. #eaaa
  6. Followers selalu penasaran dengan sosok admin.
  7. Followers loyal akan selalu mengabarkan.
  8. dll.

Intinya, jadi admin itu kudu tetep hati-hati. The more followers you have, the more responsibilities you get.. *nggak tau bener apa nggak bahasa inggrisnya..* haha..